Sejarah Hadirnya Pasta Gigi

Sejarah Hadirnya Pasta Gigi

Global Estetik – Pasta gigi yang dijual di pasaran saat ini biasanya mengandung fluorida, pewarna, penyedap, pemanis, serta bahan pasta gigi yang membuat pasta halus, berbusa dan tetap lembab. Pasta gigi bagi kebutuhan individu juga mengandung bahan khusus, seperti triclosan. Pasta gigi dalam tabung yang kini lumrah digunakan di seluruh dunia adalah  merupakan penemuan yang sangat revolusioner bagi perkembangan dari pasta gigi. Kemajuan terbaru dalam industri pasta gigi ialah pengembangan pasta gigi pemutih, dengan hadirnya pasta gigi yang mengandung triclosan yang memberikan perlindungan ekstra terhadap karies, penyakit gusi, plak, kalkulus dan bau mulut.

Pasta gigi merupakan sebuah inovasi yang berlanjut dari awal penemuannya di tahun 5000 SM. Bangsa Mesir diyakini telah mulai menggunakan pasta untuk membersihkan gigi mereka sekitar 5000 tahun sebelum masehi bahkan sebelum sikat gigi ditemukan. Orang Yunani Kuno dan Romawi juga dikenal sebagai bangsa yang telah menggunakan pasta gigi. Sementara itu orang-orang di China dan India pertama kali menggunakan pasta gigi sekitar 500 SM.

Sejarah Hadirnya Pasta Gigi- Global Estetik Dental Care
Sejarah Hadirnya Pasta Gigi- Global Estetik Dental Care

Pasta gigi kuno digunakan untuk mengobati beberapa kekhawatiran yang sama dengan yang kita miliki saat ini – menjaga gigi dan gusi tetap bersih, memutihkan gigi dan menyegarkan napas. Ramuan pasta gigi purba sangat berbeda dan bervariasi. Bahan yang digunakan termasuk hasil abu dari pembakaran kuku sapi dan kulit telur yang dibakar, yang dikombinasikan dengan batu apung. Orang-orang Yunani dan Romawi menyukai lebih banyak abrasif dan bahan pasta gigi mereka termasuk tulang-tulang yang hancur dan kerang tiram. Orang Romawi juga menambahkan lebih banyak penyedap untuk membantu menghilangkan bau mulut dengan menambahkan arang dan kulit kayu. Sementara bangsa Cina menggunakan berbagai macam zat dalam pasta gigi dari waktu ke waktu yang mencakup ginseng, herbal dan garam.

Perkembangan pasta gigi di zaman modern dimulai pada tahun 1800-an. Versi awal dari pasta gigi berisi sabun dan  pada tahun 1850-an kemudian kapur ditambahkan kedalam bahan pembuatan pasta gigi pada saat itu. Kacang sirih dimasukkan dalam pasta gigi di Inggris pada 1800-an, dan pada tahun 1860-an sebuah ensiklopedia rumah menggambarkan pasta gigi buatan yang menggunakan sisa arang tanah.

Sebelum tahun 1850-an, ‘pasta gigi’ biasanya berbentuk serbuk. Pasta gigi baru akhirnya dapat dikemas dalam toples yang disebut Pasta Gigi Crème yang dikembangkan dan pada tahun 1873. Kemudian Colgate memperkenalkan pasta gigi berbentuk tabung pertama di dunia yang kini lumrah digunakan sebagai wadah penyimpan pasata gigi pada tahun 1890-an

Sejarah Hadirnya Pasta Gigi- Global Estetik Dental Care
Sejarah Hadirnya Pasta Gigi- Global Estetik Dental Care

Hingga tahun 1945, pasta gigi mengandung sabun. Namun setelah masa itu, sabun diganti dengan bahan lain untuk membuat pasta menjadi pasta halus atau emulsi – seperti sodium lauryl sulfat, bahan umum dalam pasta gigi masa kini.

Pasta gigi modern abad ke-20 dikembangkan untuk membantu mencegah atau mengobati penyakit dan kondisi tertentu seperti sensitivitas gigi. Pasta gigi berfluoride untuk membantu mencegah pembusukan diperkenalkan pada tahun 1914. Pasta gigi dengan abrasivitas yang  rendah juga dikembangkan dan membantu mencegah masalah yang disebabkan oleh penyikatan gigi yang terlalu keras.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat