Sejarah Dibalik Munculnya Kawat Gigi – Part 2

Sejarah Dibalik Munculnya Kawat Gigi – Part 2

Munculnya Kawat Gigi- Global Estetik Dental Care
Munculnya Kawat Gigi- Global Estetik Dental Care

Global Estetik – Antara 1728 dan 1757 dua buku tentang kedokteran gigi ditulis oleh Pierre Fauchard dan Pierre Bourdet. Fauchard adalah seorang pemikir modern, dokter gigi modern untuk masanya. Dia menulis bagian dari bukunya, berjudul “Dokter Ahli Bedah Gigi” tentang ortodonsi dan berbicara tentang beberapa cara untuk meluruskan gigi. Secara khusus ia menemukan sebuah alat yang disebutnya “Bandeu” yang serupa dengan mouthguard dan diperkirakan membantu gigi tetap berada pada posisi yang diinginkan.

Pada 1757 dokter gigi Raja Prancis, Pierre Bourdet, menulis bukunya sendiri dan memperluas perangkat Bandeu Fauchard. Bourdet mampu memperbaiki perangkat ini dalam beberapa cara, dan membuat penemuan penting bahwa gigi rahang belakang dapat diangkat untuk menghindari penumpukan, penyebab umum gigi bengkok pada orang dewasa bahkan sampai hari ini. Buku berjudul “The Dentist’s Art” sangat populer untuk waktu yang lama dan merupakan bagian penting dari sejarah kesehatan gigi.

Baru pada tahun 1900-an, istilah “kawat gigi” mulai digunakan secara luas, namun kita tahu bahwa kawat gigi modern pertama untuk gigi sebenarnya diciptakan oleh Christophe-Francois Delabarre pada tahun 1819. Tempat tidur kawat ‘ditempatkan tepat di atas setiap rangkaian dua gigi, dengan harapan menjaga mereka tetap pada tempatnya. Edward Maynard menambahkan bahan elastis ke sistem pada tahun 1843 untuk memperbaiki kesejajaran rahang, mirip dengan kawat gigi modern. E.J. Tucker memperbaiki desain ini 3 tahun kemudian dan membuatnya lebih nyaman untuk pasien.

Munculnya Kawat Gigi- Global Estetik Dental Care
Munculnya Kawat Gigi- Global Estetik Dental Care

Perubahan besar lainnya terjadi pada tahun 1864 ketika Dr. S.C. Barnum menciptakan dam gigi modern. Dokter gigi kita masih menggunakan versi dam gigi ini hari ini. Ini adalah sepotong lateks tipis yang duduk di sekitar gigi, melindungi gusi dari pekerjaan yang dilakukan pada gigi. Hal ini penting dalam prosedur ini agar dapat menyesuaikan kawat gigi (yang sampai saat ini terbuat dari logam) tanpa merusak gusi. Tanpa alat ini, kawat gigi modern tidak mungkin diciptakan.

Sayangnya, sampai tahun 1890 kebanyakan dokter gigi mendapat kesan bahwa mereka perlu mengeluarkan beberapa gigi untuk memberi ruang bagi teknik mereka untuk meluruskan gigi. Bayangkan saja anda bisa mendapatkan kawat gigi tapi diberitahu bahwa anda akan kehilangan beberapa geraham sebagai hasilnya. Henry A. Baker adalah orang pertama yang menggabungkan banyak teknik sebelumnya dan membuat kawat gigi modern, lebih baik, dan lebih modern.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat