Sejarah dibalik Hadirnya Dentistry

Sejarah dibalik Hadirnya Dentistry

Global Estetik – Gigi selalu ada dari awal. Jadi masuk akal kalau kedokteran gigi hampir sama panjangnya dengan manusia itu sendiri. Sebenarnya, kata dentistry berasal dari istilah Yunani Kuno, odontologi (dari bahasa Yunani odoús, yang berarti gigi). Ada bukti pengeboran gigi sebagai obat untuk sakit gigi dan penghapusan enamel yang terjadi sejak 9000 tahun yang lalu. Periset menemukan bukti ini di sebuah pemakaman di Pakistan, bersama dengan kepala bor batu yang digunakan untuk prosedur gigi kuno.

Dentistry- Global Estetik Dental Care
Dentistry- Global Estetik Dental Care

Bidang kedokteran gigi tentu saja terus berkembang bersama kita. Kutipan dari teks Sumeria (5000 SM) menyebutkan “cacing gigi” sebagai penyebab beberapa trauma pada gigi. Seorang Mesir kuno bernama Hesy-Re diakui sebagai “dokter gigi” pertama dalam sejarah pada tahun 2600 SM. Aristoteles (~ 330 SM) menulis tentang kerusakan gigi, penggalian gigi, dan penggunaan kabel untuk memperbaiki dan menstabilkan mereka. Jalan kedokteran gigi terus berlanjut perlahan seiring dengan perjalanan kita melalui Abad Pertengahan dan memasuki abad ke-18.

Pada tahun 1700-an ketika ilmu kedokteran gigi benar-benar mulai tumbuh dan berubah menjadi sesuatu yang mirip dengan industri yang kita lihat sekarang. Pierre Fauchard dianggap sebagai “bapak kedokteran gigi modern” – dia adalah seorang ahli bedah yang terampil, namun mungkin yang lebih penting, dia menulis sebuah buku berjudul The Surgeon Dentist yang merupakan jenis pertama untuk menggambarkan proses rumit kedokteran gigi, mulai dari anatomi mulut hingga teknik bedah

Dentistry- Global Estetik Dental Care
Dentistry- Global Estetik Dental Care

Dunia kesehatan gigi berkembang dengan cepat dari sini; Pada abad ke-19, ia berubah dari perdagangan menjadi profesi yang diatur pemerintah. Harvard mendirikan sekolah Kedokteran Gigi pertama. Paten diciptakan untuk berbagai mesin dan peralatan gigi. Bahkan pasta gigi berubah dari cairan atau bubuk menjadi zat mirip gel yang masuk ke dalam tabung yang masih kita gunakan saat ini.

Sekarang, di sini kita berada di abad ke-21. Kita telah menempuh perjalanan yang sangat jauh dari bor batu kuno. Seni kebersihan mulut kini tidak hanya tentang kesehatan melainkan telah masuk ke ranah estetika. Gigi tidak diletakkan di sisinya seperti ribuan tahun yang lalu; kesehatan mulut kita merupakan bagian yang sangat penting dari keseluruhan kesehatan kita. Dengan teknik kuno di belakang kita dan dunia kedokteran gigi modern yang terus berevolusi di hadapan kita, sekarang kita dengan lebih mudah dapat belajar dan berlatih dengan baik dalam teknik perawatan gigi dan mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat