Seberapa Aman Penggunaan Dental X-Ray Untuk Manusia ? – Part 1

Seberapa Aman Penggunaan Dental X-Ray Untuk Manusia ? – Part 1

Global Estetik – Sinar-x untuk prosedur gigi (dental x-ray) adalah prosedur diagnostik umum yang dianggap sangat aman. Sinar-x gigi digital memiliki dosis radiasi yang sangat rendah, menghasilkan sebagian kecil dari apa yang anda hadapi dalam prosedur pencitraan lainnya. Jika anda khawatir tentang apakah anda memerlukan sinar-x dental, atau bertanya-tanya apakah anda harus melewatkan prosedur ini karena kondisi medis lainnya, ada gunanya menyelam lebih dalam ke dalam apa yang dilakukan oleh sinar-x dental, mengapa hal itu dilakukan, dan Bagaimana penanganan terbaik mereka

Bila sinar-x ini dilakukan dengan benar dan dengan tindakan pencegahan keamanan yang memadai, hanya ada sedikit kekhawatiran. Pemeriksaan rutin dengan empat sinar x biting akan membuat Aanda kira-kira memiliki jumlah radiasi yang sama dengan yang anda alami selama satu sampai dua jam di pesawat terbang.

Siapa yang Membutuhkan Dental X-Rays

Sinar-x dental digunakan secara diagnostik untuk membantu dokter gigi melihat masalah yang hampir tidak terlihat oleh mata telanjang. Orang dewasa menerima prosedur sinar-x gigi sehingga dokter gigi dapat mengidentifikasi dan mengobati berbagai masalah dengan lebih baik. Dengan menggunakan sinar-x ini, penyedia layanan kesehatan anda dapat melihat:

  • Daerah pembusukan, termasuk di antara gigi atau di bawah filling
  • Kehilangan massa tulang berhubungan dengan penyakit gusi
  • Abses, yang merupakan infeksi pada akar gigi atau antara gigi dan gusi
  • Tumor
  • Perubahan pada saluran akar

Tanpa sinar-x, banyak dari masalah ini tidak bisa terdiagnosis. Dengan sinar x sebagai referensi, dokter gigi juga lebih siap untuk menyiapkan implan gigi, gigi palsu, kawat gigi, dan perawatan serupa lainnya.

Prosedur Sinar-X Dental dan Anak-anak

Banyak orang tua prihatin dengan dampak sinar-X pada anak-anak. Anak-anak lebih peka terhadap radiasi. Namun, jumlah radiasi dalam dental x-ray masih dianggap aman untuk anak. Karena rahang dan gigi anak terus berubah, penting untuk mengawasi perkembangannya. Sinar-x ini akan banyak membantu menggapai tujuan penting bagi pasien muda. Mereka membantu dokter gigi untuk:

  • Memastikan mulut memiliki cukup ruang untuk menampung pertumbuhan gigi
  • Memantau perkembangan gigi geraham bungsu
  • Menentukan apakah gigi primer melonggar dengan benar untuk menampung gigi permanen baru
  • Mengidentifikasi penyakit mulut dan gusi lebih awal

Penting bagi anak-anak untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur, dan untuk mendapatkan rontgen seperti yang direkomendasikan oleh dokter gigi. Jadwal yang tepat untuk sinar-x ini akan bervariasi tergantung pada kebutuhan individu si buah hati anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat