Sebenarnya, Seberapa Sering Kita Harus Mengganti Sikat Gigi ?

dokter gigi bandung

Global Estetik – Sikat gigi adalah garis pertahanan pertama kita terhadap pencegahan dari kerusakan gigi dan kesehatan mulut yang buruk. Jadi pastinya kita ingin alat ini bekerja pada kinerja puncak setiap saatnya. Tapi karena sikat gigi akan melihat banyak penggunaan aktif setiap hari maka ia bisa menjadi usang dalam waktu yang relatif singkat. Sikat gigi memiliki tanggal kedaluwarsa yang terbatas, yang dapat ditentukan hanya dengan melihatnya. Jika anda telah melihat bulu-bulu mulai terlihat pudar dan berjumbai, maka ini adala saatnya membuangnya dan membeli yang baru.

American Dental Association merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga hingga empat bulan sekali. Itu hanyalah saran secara menyeluruh, kita mungkin perlu mengganti sikat gigi yang sudah aus lebih cepat berdasarkan seberapa sering anda menyikat dan seberapa keras anda saat melakukannya. Beberapa orang menyikat lebih keras daripada yang lain dan keausan tambahan itu dapat berdampak pada masa penggunaan sikat gigi tersebut.

Baca Juga :  Cara Permen Karet Tanpa Gula Membantu Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ini berlaku untuk sikat gigi normal atau variasi sikat gigi listrik di mana kita dapat menukar kepala sikat. Studi klinis menunjukkan bahwa bulu yang sudah aus dan berjumbai jauh kurang efektif dalam menghilangkan plak, partikel makanan, dan bakteri lain selain sikat gigi dengan bulu-bulu segar. Itu bisa berdampak pada kemampuan menjaga gigi tetap bersih dan mulut tetap sehat.

Cara terbaik untuk menjaga sikat gigi  agar tetap optimal adalah mengikuti beberapa teknik perawatan dan pencegahan sederhana. Setelah selesai menyikat gigi, bilas sikat gigi anda dengan air yang mengalir untuk membuang semua pasta gigi berlebih dan bakteri yang baru saja dibersihkan. Simpan sikat gigi dalam posisi tegak sehingga ia dapat mengering dengan baik. Jangan simpan sikat gigi anda dalam wadah tertutup karena bulu yang basah dapat mengembangkan bakteri jika tidak dibiarkan benar-benar kering dengan benar.

Baca Juga :  Balada Dental Emergency dan Cara Menanganinya - Part 1

Ketika anda menderita pilek atau beberapa penyakit lainnya, dan anda tidak berhenti menyikat gigi. Tetapi setelah sehat kembali, kita harus membuang sikat gigi terlepas dari berapa lama kita baru memilikinya. Itu karena anda mungkin masih memiliki kuman dingin yang menempel di bulu dan sementara itu mungkin tidak menyebabkan kita untuk sakit lagi, mereka dapat memiliki efek merugikan pada kesehatan mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat