Global Estetik – Obat kumur bisa menjadi salah satu pembantun untuk mencapai dan menjaga kesehatan mulut, tetapi itu hanya akan bermanfaat jika anda juga menyikat dan serta flossing secara teratur. Pengiklan sering mengklaim pencuci mulut memiliki manfaat kesehatan mulut. Bahkan, yang mengandung fluoride. Fluoride membantu mencegah gigi berlubang selama satu menit bilasan. Manfaatnya ditingkatkan oleh air liur, yang membantu membersihkan bakteri dan kontaminan.

Obat kumur berbasis alkohol sangat efektif membunuh kuman. Mereka dapat mencegah plak dan gingivitis, tetapi para ahli memperingatkan masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh mengkonsumsi alkohol. Penelitian telah menunjukkan itu dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Obat kumur berbasis alkohol juga bisa mengeringkan mulut penggunanya.

Manfaat Menggunakan Mouthwash

Peran Mouthwash- Global Estetik Dental Care

Peran Mouthwash- Global Estetik Dental Care

Produk bilas mulut dapat mencegah tartar yang menumpuk. Obat kumur membantu melawan plak, yang dapat berubah menjadi karang gigi yang mengeras, sehingga pembilasan harian bisa sangat membantu untuk kesehatan mulut. Manfaat lain adalah gigi akan lebih putih; beberapa obat kumur memiliki konsentrasi hidrogen peroksida yang rendah, yang menyebabkan pemutihan yang minimal dan tidak melukai gusi.

Baca Juga :  Kenal Lebih Dekat dengan Prosedur Immediate Dental Implant - Part 1

Jika anda menggunakan obat kumur, disarankan untuk menyikat dua kali sehari dengan pasta gigi fluoride yang disetujui oleh PDGI. Anda harus menggunakan benang floss setidaknya satu kali sehari, minum air sepanjang hari, dan mengemil makanan keras seperti wortel, apel, dan seledri yang membersihkan gigi dan memperkuat gusi. Merokok atau mengunyah tembakau dapat menodai gigi dan merusak kesehatan mulut, jadi ini harus dihindari dengan segala cara.

Penting untuk menyadari obat kumur apa yang anda gunakan. Jika hanya kosmetik, itu tidak akan lebih dari melonggarkan partikel makanan, mengurangi bakteri, dan memberi anda bantuan sementara dari bau mulut. Bilas terapeutik memiliki bahan aktif yang meningkatkan efeknya. Selain fluoride, mereka mungkin memiliki chlorhexidine, cetylpyridinium, dan minyak esensial. Jangan pernah mencoba menelan obat kumur. Menelannya bisa menyebabkan muntah, sakit perut, dan masalah lainnya. Inilah sebabnya mengapa obat kumur tidak disarankan untuk anak kecil.

Baca Juga :  Cara Terbaik Mencabut Gigi Susu yang Telah Goyang
Trus, Kalau Ga Pake Obat Kumur, Emang Boleh ya ?
Peran Mouthwash- Global Estetik Dental Care

Peran Mouthwash- Global Estetik Dental Care

Menyikat dan membersihkan gigi secara menyeluruh sangat penting untuk kesehatan mulut. Apakah anda menggunakan obat kumur atau tidak tergantung pada situasi pribadi. Jika anda merasa diri anda rentan terhadap gigi berlubang, penyakit periodontal, atau memiliki lebih banyak bakteri di mulut daripada kebanyakan orang, pembilasan dengan mouthwash mungkin merupakan pilihan yang tepat. Dalam beberapa kasus, obat kumur memang bisa menjadi penting untuk kesehatan mulut. Itu semua tergantung pada situasi anda dan saran dari dokter gigi pilihan anda.