Sealant Gigi ? Apa Itu ? – Bagian Pertama

klinik gigi jakarta

Sealant Gigi ? Apa Itu ? – Bagian Pertama

Global Estetik – Sebagian besar anak yang mengunjungi dokter gigi akan memiliki tambalan pada gigi belakang mereka sejak usia dini. Jika anda pernah memeriksa gigi geraham anda dan memperhatikan saat ada tambalan putih, kemungkinan besar ini adalah bahan semacam untuk sealant.

Jika anda bertanya-tanya apakah sealant cocok untuk anak anda, jika anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan sealant gigi sendiri, atau anda belum pernah mendengarnya sebelumnya dan ingin belajar lebih banyak, baca terus untuk mengetahui semua yang perlu anda ketahui.

Apa itu sealant gigi (dental sealant) ?
Sealant Gigi- Global Estetik Dental Care
Sealant Gigi- Global Estetik Dental Care

Sealant gigi terbuat dari bahan plastik khusus yang biasanya berwarna putih atau transparan. Hal ini dibentuk ke puncak gigi yang memiliki alur atau lubang dalam sebagai alat perlindungan. Idenya adalah plastik itu akan menutupi lubang di gigi – yang juga disebut fisura – sehingga gula, asam, dan bakteri tidak bisa masuk ke dalamnya dan membusuk pada gigi. Sealant gigi bertindak sebagai penghalang fisik antara bakteri yang merusak dan bagian gigi yang rentan, mencegah gigi berlubang dan menambahkan tingkat perlindungan ekstra. Plak bisa sampai hampir di mana saja, jadi anda ingin memanfaatkan setiap keuntungan untuk membuat sulit bagi kumpulan bakteri-bakteri itu!

Siapa yang Membutuhkan Dental Sealant ?

Umumnya sealant gigi dioleskan segera setelah gigi belakang permanen anak – geraham – tumbuh sepenuhnya. Hal ini agar alur dan lubang dalam yang biasanya ditemukan di permukaan mengunyah gigi terisi sebelum terjadi peluruhan. Melindungi gigi geraham dari awal sangat mengurangi kemungkinan mendapatkan gigi berlubang atau masalah gigi yang lebih buruk di kemudian hari.

Sementara sealant umumnya diterapkan selama masa kanak-kanak, beberapa orang dewasa mungkin perlu menerapkannya di kemudian hari jika mereka tidak pernah melakukan prosedur yang dilakukan sebelumnya atau jika lubang berkembang pada gigi yang sebelumnya tidak ada. Ini adalah prosedur yang sama persis terlepas dari usia pasien, dan satu-satunya perbedaan adalah seberapa banyak kerusakan pada gigi telah terjadi sebelum prosedur sealant berlangsung.

Bagaimana Dental Sealant Dipasang?

Sebelum sealant gigi bisa diaplikasikan pada gigi, gigi dibersihkan secara menyeluruh oleh dokter gigi atau asisten gigi dengan menggunakan sikat yang berputar. Gigi kemudian dibilas dengan air dan dikeringkan sebelum larutan asam diterapkan.

Solusi ini mengimbangi permukaan pada tingkat mikroskopik sehingga material sealant menempel pada gigi dengan aman. Selanjutnya, setelah larutan dikeringkan, sealant diaplikasikan sebagai cairan langsung di atas celah pada gigi. Sealant kemudian diatur dengan lampu khusus atau, jika sealant dua bagian telah digunakan, maka alat ini akan dipasang sendiri tanpa perawatan ekstra. Begitu sealant telah mengeras, ia siap untuk pergi dan bisa untuk digunakan dalam menggigit.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat