SCALING GIGI TERDEKAT BOGOR

 

 

Yang perlu kamu tahu tentang scalling gigi

            Scalling gigi terdekat bogor – Apa ang harus kamu lakukan biar gigi sehat dan bersih secara maksimal, kamu juga perlu melakukan scaling gigi secara teratur 2x dalam setahun. otomatis kesehatan mulut kamu tetap terjaga dan kamupun bisa terbebas dari berbagai penyakit gigi dan mulut.

Scalling gigi terdekat murah – Definisi dari scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang dilakukan oleh ahli untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi di seluruh permukaan gigi dan bagian bawah gusi. Proses scalling ini bisa dilakukan menggunakan alat pengikis manual atau alat pengikis dengan gelombang ultrasonik  yang disebut dengan ultrasonic scaler.

 

scaling gigi terdekat bogor

scaling gigi terdekat bogor

 

Manfaat melakukan scalling gigi

Scalling gigi terdekat dari lokasi saya – plak gigi yang akhirnya menjadi karang gigi yang menempel di permukaan gigi sulit dihilangkan hanya dengan menyikat gigi biasa. Praktisnya untuk menghilangkan karang gigi perlu melakukan scaling gigi untuk membersihkan karang gigi.

Manfaat scalling selain melenyapkan karang gigi, ada manfaat lain yang didapatkan jika kamu teratur melakukan scaling gigi, diantaranya:

  • Bau mulut akan hiang

Biasanya seseorang yang memilik karang gigi lebih rentan mulutnya berbau. Sebab karang gigi menjadi sarang bagi mikroorganisme penyebab bau mulut. Makanya disrankan untuk rutin melakukan tindakan scaling gigi agar mulut menjadi lebih segar dan bebas bau.

  • Gigi berwarna lebih cerah

Terbentuknya  karang gigi akibat plak yang menempel dan kelamaan menjadi tebal dan mengeras pada permukaan gigi, akhirnya membuat penampilan gigi menjadi tidak enak dilihat apabila berinteraksi dengan orang lain, karang gigi juga membuat warna gigi kamu menjadi berwarna kuning. Jalan satu-satuna kamu bisa melakukan scaling gigi agar karang gigi bisa terhempas dari gigimu dan warna gigi kembali putih alami.

  • terhindar dari infeksi gusi

Karang gigi yang tidak segera ditangani lama-kelamaan memicu timbulnya radang gusi atau gingivitis. Gejala yang kamu rasa adalah gusi sakit karena bengkak, gampang banget berdarah, dan terasa sakit banget. Bila tidak dilakukan tindakan radang gusi bisa berkembang menjadi sakit periodontitis, yaitu peradangan serius yang dapat merusak gigi kamu dan tulang rahang.

  • Mencegah gigi tanggal

Karang gigi penyebab penyakit gusi dan mulut, yang menginfeksi pada gigi dan mulut akan berkahir pada tanggalnya gigi. Resiko yang kamu dapat yaitu kesulitan untuk mengunyah makanan, serta berkurangnya rasa percaya diri. Makanya rajinlah untuk rutin melakukan scaling gigi agar gigi kamu bersih dari karang gigi dan terhindar dari risiko gigi copot.

  • Menjauhkan dari resiko penyakit jantung

Orang yang memiliki kesehatan gigi dan mulut yang buruk berrisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Jadi gini bakteri yang menumpuk pada karang gigi bisa terbawa oleh aliran darah dan mengendap pada pembuh darah koroner di jantung, sehingga memengaruhi kinerja jantung. Dan ini bisa berbahaya karena jantung adalah organ paling vital yang haru dijaga. Untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung, dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satunya melakukan scaling gigi dengan rutin untuk menghilangkan karang gigi.\

Tindakan scalling gigi bisa dilakukan di klinik gigi terdekat tempat tinggal kamu, karena dimanapun kamu bisa melakukan scalling gigi, baik di rumah sakit, puskesmas ataupun klinik gigi yang banyak tersebar didaerah tempat tinggal kamu. Jadi jangan tunda lagi untuk bepikir terlalu lama karena kesehatan adalah hal yang penting.

 

Prosedur scalling gigi oleh dokter gigi:

  1. Pertama dokter memeriksa seluruh rongga mulut dan identifikasi lokasi karang gigi dengan menggunakan cermin khusus.
  2. Dokter bila perlu memberikan anestesi lokal pada pasien untuk menghilangkan rasa sakit yang mungkin muncul saat dilakukan scaling gigi.
  3. Dokter melakuan proses pembersihan karang gigi dengan alat pengikis ultrasonic scaler. Dilanjutkan dengan pembersihan menggunakan alat pengikis manual dengan ujung runcing untuk membersihkan karang yang tidak terjangkau alat pengikis ultrasonik.
  4. Dokter menyikat gigi pasien dengan sikat gigi elektrik dan menggunakan benang gigi untuk menjangkau plak gigi yang terselip antar gigi.
  5. Ketika selesai pembersihan karang gigi dan dipastikan sudah bersih dari karnag gigi, lalu dokter meminta pasien untuk membilas mulut dengan cairan yang mengandung fluoride.

Bila kamu rutin melakukan scaling gigi manfaat yang kamu dapatkan tidak hanya dapat menjaga kesehatan mulut, tapi juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Himbauan untuk menjaga kebersihan gigi dan jangan malas untuk periksakan gigi kamu secara rutin ke dokter gigi.

 

Pentingnya scalling gigi sebelum cetak gigi untuk pemakaian aligner

Yang perlu kamu siapin sebelum menggunakan clear aligner. Dalam menggunakan aligner, ada beberapa poin yang wajib kamu lakukan terlebih dahulu, yaitu dari kamu mulai melakukan konsultasi, harus melakukanpengecekan kondisi gigi, sampai tindakan scaling.

Salah satu poin pentingnya adalah scaling yang tak boleh kamu lewatkan sebelum melakukan perawatan gigi dengan aligner. Jika sudah selesai scaling dilakukan, kamu bisa langsung menjalani proses pencetakan gigi dari rumah dengan dokter gigi sambil dipandu.

Perbdaan behel dengan aligner adalah penggunaan aligner gigi tidak seperti behel gigi yang hanya menggunakan bracket dan susunan kawat di permukaan depan giginya saja. Sedang aligner gigi memiliki bentuk seperti cetakan gigi yang menyelimuti gigi secara keseluruhan. Jadi untuk memastikan gigi benar-benar bersih pasien harus melakukan scalling terlebih dahulu.

Sebagai pengetahuan buat kamu tujuan dilakukan scalling gigi sebelum menggunakan aligner gigi memiliki alasan tersendiri.

 

scaling gigi terdekat di bogor

scaling gigi terdekat di bogor

 

Alasan mengapa pentingnya scalling sebelum cetak gigi

Scalling gigi adalah proses pembersihan karang gigi yang terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal pada sela gigi dan gusi menjadi plak. Setelah tebal dan mengeras kelamaan plak akan menjadi karang gigi.

Scaling gigi harus dilakukan sebelum pasien menggunakan aligner karena Jika karang gigi ikut tercetak saat proses pencetakan gigi, maka akan berpengaruh terhadap bentuk aligner. Jadi karang gigi dapat mempengaruhi bentuk gigi seorang.

Karang gigi ada yang sangat tipis tapi bisa juga sangat tebal (karena kondisi yang sudah lama menumpuk dan tidak segera dibersihkan). Tebal dan tipisnya karang gigi ini yang nantinya mempengaruhi bentuk serta pemakaian aligner.

Kapan perlu scalling gigi?

Pasien yang akan menggunakan aligner harus melakukan scaling sebelum menjalani proses pencetakan gigi. Pencetakan gigi untuk aligner dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan tertentu sehingga jika masih ada karang gigi yang masih menempel di permukaan gigi maka karang gigi akan ikut tercetak. Saran bagi siapapun lebih baik untuk melakukan scaling secara rutin dan teratur agar menjelang pemakaian aligner kamu tak perlu lagi melakukan scalling gigi.

Begitu penjelasan sekilas mengenai pentingnya proses scaling gigi sebelum menggunakan aligner. Selalu gosok gigi minimal 2x sehari agar tidak memicu pertumbuhan karang gigi. Bagaimana, semakin tertarik menggunakan aligner? Yuk jadwalkan dengan dokter gigi secepatnya.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof