Scaling Gigi Depok

Scaling gigi depok

Scaling gigi depok

 

Scaling Gigi Depok

Sudah rajin sikat gigi tapi kok tetap ada karang gigi, sih?

Scaling gigi depokSetiap orang tentu saja menginginkan gigi yang sehat dan bersih serta nafas yang segar. Namun, sering kali sisa makanan, kotoran, dan bakteri yang menempel dan tertinggal di mulut menyebabkan timbulnya karang gigi. Akibatnya, gigi menjadi rusak hingga menyebabkan napas berbau tidak sedap. Karang gigi yang menempel pada permukaan gigi tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi saja sehingga untuk membersihkan karang gigi perlu melakukan scaling gigi. Karena kerusakan yang terjadi pada gigi bersifat permanen, maka alangkah lebih baiknya jika kita dapat mencegah kerusakan gigi sedini mungkin

Scaling gigi depok –Scaling gigi adalah suatu tindakan medis untuk membersihkan plak dan karang gigi pada permukaan gigi, termasuk juga pada bagian bawah gusi. Scaling gigi dapat dilakukan minimal dua kali dalam satu tahun atau enam bulan sekali. Namun apabila menggunakan behel gigi, scaling gigi harus dilakukan lebih sering lagi, yaitu tiap satu sampai dua bulan sekali setiap kali kontrol.

Apakah kamu termasuk yang perlu melakukan scaling gigi?

Promo Scaling Gigi Depok – Setiap orang baik dewasa maupun anak-anak berpotensi untuk memiliki karang gigi. Namun, karang gigi lebih sering ditemukan pada orang dengan kondisi seperti berikut : 

  • Perokok
  • Penyuka makanan manis ataupun yang berbahan dasar tepung, seperti permen, cokelat, dan roti
  • Penyuka teh, kopi, dan soda
  • Apabila sering malas menggosok gigi secara rutin
  • Pasien dengan periodontitis

 

Kapan sebaiknya scaling gigi?

Scaling Gigi Murah Depok – Scaling gigi sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala. Normalnya, scaling gigi dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun seberapa sering melakukan scaling gigi hal ini tergantung pada kondisi kesehatan gigi. Tetapi juga tidak boleh terlalu sering karena berisiko mengalami penyakit gusi. Rutin melakukan scaling gigi tidak hanya dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, loh. Oleh karena itu, jagalah kebersihan gigi dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Apa saja manfaat melakukan scaling gigi?

Scaling gigi depok –Scaling menjadi salah satu perawatan gigi yang paling efektif. Selain bisa membersihkan karang gigi, scaling juga bermanfaat pula untuk :

  • Menghilangkan bau mulut

Bau mulut menjadi satu hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika pekerjaan kita menuntut kita untuk sering berinteraksi dengan orang lain. Orang yang memiliki plak atau karang gigi sangat rentan mengalami bau mulut. Hal ini terjadi karena karang gigi adalah tempat bagi bakteri penyebab bau mulut berkembang biak. Maka dari itu rutin melakukan scaling gigi dapat membantu mulut menjadi lebih segar dan bebas bau.

  • Membersihkan noda dan membuat warna gigi menjadi lebih cerah

Setiap hari tentu mengonsumsi makanan dan minuman yang akan meninggalkan kotoran atau noda pada gigi. Apalagi jika kamu merupakan orang yang sangat menyukai minuman seperti teh, kopi, dan minuman bersoda. Rajin menyikat gigi setiap hari biasanya hanya bisa menghilangkan sebagian noda di gigi, sementara yang sudah membentuk plak hanya bisa dilakukan dengan scaling. 

Karang gigi dapat terbentuk akibat plak yang menempel dan lama-kelamaan mengeras membentuk karang pada permukaan gigi. Karang gigi juga bisa membuat warna gigi berubah menjadi kuning dan tampak kusam. Untuk mengatasinya, scaling gigi adalah tindakan yang tepat dilakukan untuk karang gigi bisa terangkat dan warna gigi menjadi lebih cerah.

  • Mencegah penyakit pada gusi

Perlu diketahui bahwa bakteri pada gigi juga bisa menyebabkan penyakit di gusi. Penumpukkan plak pada gigi jika dibiarkan bisa merusak gusi sehingga menyebabkan penyakit pada gusi. Karang gigi yang dibiarkan terlalu lama juga bisa menyebabkan timbulnya gingivitis atau radang gusi yang ditandai dengan gejala berupa gusi bengkak, terasa sakit, dan mudah mengalami perdarahan. Jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, yaitu peradangan serius yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan tulang rahang.

  • Mencegah gigi berlubang

Gigi berlubang menjadi salah satu keluhan pada gigi yang paling sering dialami banyak orang. Biasanya, pasien akan pergi ke dokter gigi untuk menambal gigi. Gigi berlubang ini biasanya terbentuk saat plak yang ada pada gigi mulai mengikis lapisan luar gigi. Menyikat gigi secara teratur serta rutin melakukan scaling setidaknya 6 bulan sekali dapat membantu menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana bisa orang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung? Hal ini bisa terjadi karena bakteri yang menumpuk pada karang gigi bisa terbawa oleh darah dan menimbulkan endapan pada pembuh darah koroner di jantung dan menyebabkan pengerasan arteri dan lama-kelamaan akan memengaruhi kinerja jantung. Sehingga salah satu cara untuk membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung, dapat dilakukan dengan selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk melakukan scaling gigi dengan rutin.

Scaling gigi sakit nggak sih?

Scaling gigi depok – Banyak orang malas untuk melakukan scaling karena takut menimbulkan rasa sakit. Pada dasarnya prosedur scaling gigi tidak menimbulkan rasa sakit dan sangat aman untuk dilakukan sehingga tidak perlu khawatir untuk melakukan scaling gigi. Lama tidaknya prosedur ini dilakukan tergantung pada kondisi, jumlah, dan tingkat keparahan karang gigi. Jadi, semakin rutin scaling dilakukan maka waktu yang diperlukan menjadi lebih singkat untuk tiap sesinya. Scaling gigi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan terhindar dari berbagai penyakit pada gigi dan mulut. 

Bagaimana prosedur scaling gigi?

Scaling gigi depok – Dalam melakukan tindakan scaling gigi, ada beberapa prosedur yang dilakukan. Berikut adalah penjelasan prosedur pada scaling gigi :

  • Pertama, dokter akan mempersilahkan pasien untuk duduk di atas kursi pemeriksaan. Selanjutnya dokter akan memeriksa rongga mulut pasien secara keseluruhan dan mengidentifikasi lokasi karang gigi dengan bantuan cermin khusus berbentuk bulat kecil.
  • Kemudian dokter akan memberikan bius lokal pada pasien untuk menghilangkan rasa sakit yang mungkin muncul ketika scaling.
  • Jika sudah maka dokter akan mulai melakukan pembersihan karang gigi menggunakan alat pengikis disebut ultrasonic scaler. Kemudian, dokter akan melanjutkan pembersihan gigi menggunakan alat pengikis manual untuk membersihkan karang gigi yang tidak bisa terjangkau oleh alat pengikis ultrasonik.
  • Tahap selanjutnya adalah dokter akan menyikat gigi pasien dengan sikat gigi elektric dan menggunakan benang gigi untuk menjangkau sisa-sisa plak gigi yang terselip antar gigi.
  • Apabila sudah dinyatakan bersih dari karang gigi, selanjutnya dokter akan meminta pasien untuk membilas mulutnya menggunakan cairan yang mengandung fluoride.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 (Persis di Sebelah Samsat ITC Depok di Dalam Gedung ITC-nya yaa..)

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof