Retainer Rusak ? Mesti Gimana ?

Global Estetik – Tujuan utama di balik mengenakan retainer adalah mempertahankan perubahan yang dicapai dengan perawatan ortodontik seperti kawat gigi. Perangkat ini mungkin diperbaiki atau dilepas, dan penggantian retainer rusak yang dilepas cukup sederhana. Penampung tetap atau lingual sedikit sulit diatur karena mungkin harus dikeluarkan dari mulut anda oleh seorang profesional gigi. Apa yang terjadi jika anda merusak retainer anda? Baca terus untuk mengetahui konsekuensi dan tindakan apa yang dapat anda lakukan di rumah.

Mengidentifikisi Masalah Pada Retainer
Retainer Rusak- Global Estetik Dental Care
Retainer Rusak- Global Estetik Dental Care

Tidak selalu jelas ketika retainer mengalami kerusakan, yang membuatnya penting adalah untuk melakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Aus dan sobek, makan makanan keras atau luka di mulut anda dapat menyebabkan gigi terlepas dari retainer atau kabel yang dipatahkan. Anda mungkin tidak menyadari adanya masalah sampai gigi anda mulai bergerak keluar dari posisi yang benar.

Melepaskan Retainer yang Rusak

Biasanya, retainer harus dikeluarkan dari mulut anda oleh seorang profesional ortodontik, yang akan menentukan apakah dapat diperbaiki atau jika memerlukan penggantian. Untuk melakukan ini, dokter gigi harus mengeluarkan semen gigi dengan bor, memudahkan retainer menjauh dari gigi dan menghabisi dengan membersihkan dan memoles permukaan gigi anda.

Langkah Pertama di Rumah

Jika anda mendapati bahwa retainer mungkin rusak dan tidak dapat menghubungi dokter gigi orthodontis segera, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meminimalkan kerusakan pada mulut :

  • Retainer Rusak- Global Estetik Dental Care
    Retainer Rusak- Global Estetik Dental Care

    Mintalah anggota keluarga untuk memeriksa retainer anda dan menentukan apakah nampaknya stabil di mulut dan jika anda masih dapat menggunakannya. Untuk retainer yang bisa dilepas, anda bisa memeriksanya sendiri untuk melihat seberapa parah kerusakannya.

  • Belilah mouthguard over-the-counter untuk dipakai di malam hari, yang akan membantu melindungi retainer tetap saat anda tidur dan mencegah gerakan gigi sampai anda dapat bertemu dokter gigi pilihan anda.
  • Hindari makanan keras sampai anda bisa mendapatkan perhatian yang anda butuhkan untuk memperbaiki atau mengangkat retainer.
  • Bilas mulut anda dengan air garam hangat untuk membantu menyembuhkan setiap titik yang menyakitkan.
  • Tingkatkan kebersihan mulut anda dengan menambahkan obat kumur antibakteri. Hal ini sangat penting jika kerusakan memungkinkan makanan atau bakteri mengakses daerah yang sebelumnya tidak terjangkau, seperti di antara bagian belakang gigi dan punggawa.
Konsultasi Segera

Jika Anda telah melakukan investasi dalam perawatan ortodontik untuk mencapai senyuman yang indah, jangan biarkan retainer yang rusak membatalkan semua kerja keras itu. Segera minta pendapat dokter sesegera mungkin tentang apakah retainer anda perlu mengganti, dan atur rencana dengan dokter gigi ortodontik anda yang memungkinkan anda mendapatkan perawatan yang anda butuhkan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat