Retainer ? Emang Perlu ? Perlu Dong. Banget!

Retainer ? Emang Perlu ? Perlu Dong. Banget!

Global Estetik – Retainer adalah bagian dari fase terakhir perawatan ortodontik dan sangat penting karena mereka bertanggung jawab dalam menjaga dan mempertahankan kesejajaran gigi, dan perbaikan gigitan setelah menyelesaikan perawatan ortodontik aktif. Gigi yang telah pindah secara ortodontik memiliki kecenderungan yang besar untuk kembali ke posisi maloklusi aslinya.

Kebutuhan retainer sangat penting untuk menjaga kestabilan oklusi yang dicapai oleh orthodontist dan pasien, dan alat ini akan melakukan hal ini dengan tepat. Ada dua jenis retainer yang berbeda dan keduanya sama seringnya digunakan:

Retainers tetap

Fixed Retainer biasanya adalh kawat terikat ke permukaan belakang gigi anterior yang lebih rendah untuk retensi estetika dan berkepanjangan. Ini bisa dipasang langsung di mulut atau secara tidak langsung dari model metal yang akurat.

Retainer- Global Estetik Dental Care
Retainer- Global Estetik Dental Care

Removable Retainers

Retainer yang terbuat dari kawat baja tahan karat dan akrilik (Hawley and Wrap-Around retainers). Ada juga yang berbentuk vakum transparan. Retainer ini sangat nyaman digunakan dan estetis karena penampilannya yang tak terlihat.

Berapa Lama Saya Perlu Gunakan Retainer?

Dianjurkan agar semua pasien memiliki perawatan retensi minimal selama 1 tahun. Sebagian besar ahli ortodontik menggunakan sandaran yang dapat dilepas untuk lengkungan bagian atas, karena sebagian besar masalah kambuh terjadi pada 6 bulan pertama setelah pengangkatan kawat gigi, penahan rahang atas dipakai penuh untuk 6 bulan pertama.

Setelah 6 bulan pertama, pasien hanya perlu memakai di waktu malam dan secara bertahap mengurangi ini jika tidak ada daerah yang terkena tekanan saat menempatkan retainer. Retainer yang lebih rendah biasanya merupakan retainer tetap, yang harus ditinggalkan pada tempatnya untuk jangka waktu yang lebih lama bahkan seumur hidup. Selalu ingat bahwa jawaban atas pertanyaan stabilitas jangka panjang adalah retensi jangka panjang.

Cara Membersihkan Retainer?

Fixed Retainert tetap bisa membuat pembersihan di sela gigi lebih menantang. Namun, dengan prosedur flossing yang bagus dan pertemuan higienis reguler, retainer tetap ini dapat dipelihara sampai dewasa atau tanpa batas waktu jika perlu.

Dengan removable retainers, kedua tipe tersebut dapat dibersihkan sebagai berikut:

  1. Anda bisa menyikat retainer yang bisa dilepas dengan sikat gigi (bukan yang anda gunakan untuk menyikat gigi) dengan sabun cair atau pasta gigi non-abrasif. Ingatlah untuk membilasnya dengan baik.
  2. Seminggu sekali, rendam retainer dalam larutan pembersih gigi. Larutkan tablet dan masukkan punggungnya ke dalam larutan selama 10 menit sampai 20 menit. Gunakan air dingin untuk merendam retainer anda.

Terlepas dari jenis retainer ortodontik yang anda miliki, anda harus selalu terus melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter ortodontik setidaknya 2 tahun setelah perawatan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat