Resiko Salah Pasang Behel Depok

Resiko salah pasang behel depok

Resiko salah pasang behel depok

Yuk Simak!

globalestetik.com Tidak bisa dipungkiri, mempunyai gigi dan rahang yang tidak rapi dapat memengaruhi mental seseorang. Sehingga, saat ini banyak orang yang mulai tertarik menggunakan behel sebagai solusi dari masalah tersebut. Apabila kalian tertarik untuk memakai behel, berikut ini terdapat penjelasan terkait biaya pasang behel di Puskemas maupun di Dokter Gigi.

Seperti yang kita ketahui, gigi dan rahang yang tidak rapi dapat memengaruhi penampilan. Namun, hal tersebut juga membuat proses mengunyah dan menggigit makanan menjadi tidak baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa memasang behel gigi supaya gigi dan rahang menjadi normal.

Resiko salah pasang behel depok – Behel gigi merupakan alat berbasis kawat yang digunakan ortodontis untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tidak rapi dan gigi yang bertumpuk. Selain mempunyai keuntungan, perhatikan juga efek samping dan cara perawatan behel yang baik.

Di sisi lain, banyak orang yang memakai behel gigi di usia remaja untuk memperbaiki gigi. Namun, orang dewasa juga dapat memperoleh keuntungan dari behel gigi. Tujuan utamanya untuk menyamakan gigi dan rahang supaya bisa menggigit makanan dengan baik dan memberikan senyum yang indah.

Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui biaya yang diperlukan untuk memasang behel gigi. Lalu, berapakah biaya pasang behel gigi di Indonesia? 

Biaya Pasang Behel Gigi

Resiko salah pasang behel depok – Biaya pasang behel bervariasi pada setiap orang, tergantung dari bahan dan jenis behel gigi, teknik pemasangan behel gigi yang digunakan, dan rumah sakit yang menanganinya. Biaya pasang behel di rumah sakit swasta di Indonesia mulai dari Rp 6 juta sampai lebih dari Rp 15 juta. Sedangkan di Singapura, biaya pasang behel mulai dari Rp. 53.000.000. Biaya ini belum termasuk biaya kontrol secara berkala setelah pemasangan behel gigi.

#1. Biaya Pasang Behel Gigi di Puskesmas

Biaya pasang behel gigi jauh lebih murah jika dibandingkan dengan memasang gigi palsu di Puskesmas. Tindakan pemasangan behel di puskesmas jauh lebih mudah karena tidak terlalu memerlukan banyak komponen.

Hampir semua rumah sakit di Indonesia mematok harga pasang behel gigi yang sama, yaitu sekitar Rp2 juta sampai Rp2,5 juta. Kisaran biaya pasang behel gigi di puskesmas dipengaruhi tingkat kerumitan dan kesulitan pemasangannya.

Meskipun pemasangan behel untuk kesehatan, namun biaya pemasangannya tidak ditanggung BPJS. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan uang lebih dari perkiraan tersebut untuk berjaga-jaga ketika terjadi hal-hal di luar perkiraan.

Pemasangan behel gigi di Puskesmas memang aman, namun tetap mempunyai risiko atau efek samping. Risiko tersebut bisa berupa efek jangka pendek maupun jangka panjang.

Risiko Jangka Pendek

  1. Hilangnya lapisan enamel gigi sehingga muncul noda-noda putih.
  2. Penyakit gusi.
  3. Munculnya rasa nyeri.
  4. Gigi berlubang.
  5. Resopsi akar.
  6. Perubahan warna gigi.

Risiko Jangka Panjang

  1. Akar gigi memendek.
  2. Penyakit periodontal.
  3. Gagal koreksi, apabila pasien tidak mengikuti arahan dokter untuk rutin menggunakan retainer setelah pelepasan behel gigi.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa biaya pasang behel gigi di puskesmas tergantung pada tingkat kesulitan dan kerumitan gigi. Selain itu, biaya tersebut tidak ditanggung BPJS meskipun pemasangannya untuk kesehatan.

#2. Biaya Pasang Behel Gigi di Dokter Gigi

Biaya pasang behel gigi di dokter gigi akan sedikit lebih mahal dibandingkan pasang behel gigi di Puskesmas. Tetapi, besaran harga pemasangan behel gigi tersebut tergantung pada bahan dan jenis behel gigi yang digunakan.

Setiap jenis behel gigi tersebut juga memiliki kelebihannya masing-masing, seperti tingkat kenyamanan dan kemampuan dalam merapikan gigi. Di bawah ini terdapat ringkasan biaya pasang behel gigi di dokter gigi untuk beberapa jenis.

  1. Metal Konvensional Rp 4.000.000
  2. Ceramic Konvensional Rp 6.000.000
  3. Sapphire Konvensional Rp 8.000.000
  4. Metal Self Ligating Rp 12.000.000
  5. Clear Self Ligating Rp 17.000.000

Sebagai informasi tambahan, beberapa dokter gigi sering memberikan promo berupa potongan harga pemasangan kepada pasiennya. Dengan promo tersebut, kalian bisa sedikit terbantu biaya ketika memasang behel gigi di dokter gigi..

Manfaat Behel Gigi

Resiko salah pasang behel depok – Behel gigi digunakan untuk memperbaiki masalah gigi dan memberikan manfaat lainnya. Berikut akan dibahas beberapa kelebihan menggunakan behel gigi, diantaranya:

#1. Meningkatkan kesehatan gigi

Masalah ortodontik seperti gigi tidak rapi, plak, gigi tidak beraturan, pola gigitan yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi, dan lain sebagainya dapat diatasi menggunakan behel gigi. Behel akan menyelaraskan struktur gigi menggunakan cara yang paling tepat dan dapat meningkatkan kebersihan gigi.

#2. Melindungi kerusakan gigi 

Orang yang mempunyai pola gigitan yang tidak rata atau masalah ortodontik lainnya mempunyai risiko lebih tinggi untuk memiliki dampak berbahaya pada gigi, seperti gigi depan menonjol, dan kerusakan atau masalah gigi dini.

Oleh karena itu, orang yang mengalami hal tersebut memerlukan perisai kuat untuk melindungi gigi. Behel gigi bertindak sebagai pelindung terhadap dampak buruk sekaligus menjaga kesehatan gigi.

#3. Meringankan masalah makan

Banyak orang yang kesulitan mengunyah atau menggigit makanan. Hal itu karena gigi yang tidak rata. Jika tidak diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Oleh karena itu, kalian bisa memakai behel untuk menyelesaikan masalah makan.

#4. Meningkatkan Estetika

Behel gigi dapat meningkatkan penampilan keseluruhan gigi. Setelah gigi yang tidak rata dan tidak beraturan diperbaiki, akan menghasilkan senyum yang indah. Efek keseluruhan dari perubahan ini juga meningkatkan rasa percaya diri, sehingga kalian bebas mengekspresikan diri secara terbuka tanpa rasa malu.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof