Global Estetik – Pertanyaannya adalah “Bisakah Anda menghentikan gusi yang telah surut atau masalah ini telah tidak terhindarkan lagi?” Pertama, Anda dapat mulai dengan mempersenjatai diri dengan pengetahuan yang tepat dan tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa Anda telah memelihara gusi yang sehat.

Bagaimanapun, pencegahan akan lebih baik daripada mengobati. Berkonsultasi dengan ahli kesehatan gigi atau dokter gigi pilihan Anda akan sangat penting ketika Anda berurusan dengan masalah kesehatan mulut karena mereka telah dilatih untuk dapat mengarahkan Anda ke arah yang tepat.

Apa Itu Masalah Resesi Gusi?

Resesi adalah kondisi di mana gusi yang mengelilingi gigi telah aus atau tertarik sehingga memperlihatkan lebih banyak gigi atau akar gigi. Ini juga merupakan masalah gigi yang sangat umum. Resesi gusi biasanya terjadi secara bertahap itulah sebabnya orang sering tidak menyadari bahwa mereka memilikinya.

Baca Juga :  Menikmati Hari Raya Idul Fitri tanpa Menciptakan Masalah pada Kesehatan Mulut

Beberapa gejala gusi yang menyusut mungkin termasuk gigi yang menjadi lebih sensitif dari biasanya atau kadang-kadang Anda bahkan dapat melihat gigi yang terlihat sedikit lebih panjang daripada yang lain. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gusi Anda memiliki masalah ini termasuk:

  • klinik gigi depokPenyakit periodontal – Ini adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada gusi dan tulang penyangga yang menahan gig. Penyakit gusi adalah penyebab utama dari resesi gusi.
  • Menyikat gigi secara agresif – Jika Anda menyikat terlalu keras atau menyikat dengan cara yang salah, maka ini dapat menyebabkan enamel gigi telah aus.
  • Perawatan gigi yang tidak mencukupi – Menyikat gigi yang tidak memadai dan flossing memudahkan plak untuk berubah menjadi karang gigi yang membangun gigi Anda dan hanya dapat diangkat dengan pembersihan profesional.
  • Menggertakkan gigi – Menekan terlalu banyak pada gigi bisa membuat gigi dan gusi menjadi rusak.
  • Gigi yang tidak selaras – Ketika gigi tidak menyatu secara merata, berarti terlalu banyak tekanan dapat ditempatkan pada gusi dan tulang.
Baca Juga :  Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Membersihkan Lidah
Mencegah Resesi Gusi

Cara terbaik untuk mencegah resesi gusi adalah dengan menjaga kesehatan mulut Anda. Sikat dan gosok gigi Anda setiap hari dan temui dokter gigi dan periodontis Anda setidaknya dua kali setahun atau sesuai anjuran. Selalu gunakan sikat gigi berbulu halus dan minta ahli kebersihan Anda untuk menunjukkan cara yang tepat untuk menyikat gigi.

Perawatan Resesi  Gusi

Dokter gigi di Global Estetik dapat mengobati resesi gusi ringan dengan membersihkan area yang bermasalah. Namun, operasi gusi mungkin akan perlu dilakukan jika terjadi resesi gusi lanjutan. Dokter gigi akan memberi tahu Anda tentang perawatan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.