Resep Keseimbangan untuk Mengurangi Dampak Karang Gigi

dokter gigi bandung

Resep Keseimbangan untuk Mengurangi Dampak Karang Gigi

Global Estetik – Secara sederhana, untuk menyebabkan terjadinya karies gigi (pembusukan gigi) Anda membutuhkan tiga komponen ini :

  • Gigi yang rentan (tidak semua gigi mengalami karies),
  • Bakteri yang memproduksi asam,
  • Gula atau karbohidrat — makanan yang “sempurna” bagi bakteri yang memproduksi asam

Pencegahan bertujuan untuk mengubah keseimbangan demi meningkatkan kesehatan di tiga bidang utama:

Melindungi Gigi dari Karies

Langkah ini merupakan pencapaian terbaik dengan mengoleskan fluorida topikal ke struktur kristal tepat setelah gigi meluas ke dalam mulut. Permukaan gigi bersifat dinamis dan akan memungkinkan penggabungan ion fluorida dengan struktur permukaan. Banyak pengujian menunjukkan bahwa fluorida dosis rendah aman dan efektif melawan pembusukan.

Zat perekat sangat berhasil dan menjadi perawatan pendamping untuk fluorida karena merekatkan tempat dimana pembusukan terjadi di lubang-lubang dan celah-celah kecil yang tersembunyi [Gambar 1]. Uji klinis menggunakan zat perekat menunjukkan 99% hasil bebas rongga selama enam tahun pengujian klinis pada lebih dari 1.100 gigi yang diteliti.

klinik gigi jakarta

Mengidentifikasi dan Mengurangi Bakteri Penghasil Asam

bakteri-bakteri ini dapat diidentifikasi melalui tes sederhana yang diberikan oleh dokter gigi Anda. Jika bakteri ini teridentifikasi, mereka dapat dimodifikasi untuk mengurangi pembusukan gigi dengan menggunakan produk pelindung gigi. Kita dapat memodifikasinya lebih lanjut konsentrasi bakteri yang berbahaya ini dengan menggunakan obat kumur antibakteri (seperti klorheksidin) dan zat penetral pH.

Penting untuk diperhatikan, bayi tidak dilahirkan  dengan bakteri penyebab pembusukan yang spesifik, namun bakteri ini sebenarnya ditularkan melalui air liur ibu, pengasuh, atau anggota keluarga kepada anak kecil — alasan lain untuk mempraktekkan tindakan pencegahan.

Mengontrol Makanan

Gula dan karbohidrat lain dapat difermentasikan oleh bakteri untuk memproduksi asam. Penting untuk mengurangi gula halus dari daftar makanan atau membatasi asupannya. Gula alami (di dalam buah atau sayur mentah) lebih baik daripada gula bebas (ditambahkan) yang ditemukan di dalam jus, soda, permen dan sejenisnya.

Total asupan gula harus kurang dari lima puluh gram, sekitar sepuluh sendok teh, per hari. Mengemil di antara waktu makan berbahaya karena dapat menyebabkan lingkungan asam yang membutuhkan waktu hingga tiga puluh menit untuk air liur yang sehat untuk menetralkannya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat