Rekonstruksi Mulut Total – Pengertian dan Kandidat Pasien

Rekonstruksi Mulut Total – Pengertian dan Kandidat Pasien

Global Estetik – Mulut manusia terdiri dari banyak jaringan, lembut dan keras. Jaringan lunak termasuk gusi, lidah, pipi bagian dalam, dan bibir. Jaringan keras meliputi gigi dan tulang rahang. Ada juga jaringan ikat yang menahan berbagai struktur mulut bersamaan, begitu juga saraf dan pembuluh darah. Hubungan antara gigi atas dan bawah dan hubungannya dengan sendi rahang disebut sebagai oklusi, atau gigitan. Fungsi sehat dari mulut manusia bergantung pada semua sistem ini yang bekerja bersama secara harmonis. Bila semua komponen tidak bekerja seimbang, kesehatan mulut menjadi terganggu.

Rekonstruktif Mulut mengacu pada seperangkat prosedur yang dirancang untuk mengganti gigi yang hilang, memperbaiki gigi yang rusak, memperbaiki sendi rahang yang telah hilang dari posisi dan gigitan yang salah, mengatasi kerusakan tulang rahang dan kerusakan gusi, mengganti pekerjaan gigi yang sudah usang, dan dalam beberapa kasus, mengobati penyakit pada mulut. Masing-masing prosedur rekonstruktif ini dapat dilakukan secara independen, namun bila ada banyak masalah kesehatan mulut, rekonstruksi mulut penuh dapat disarankan. Juga dikenal sebagai restorasi mulut total, rekonstruksi mulut total dapat mencakup kombinasi dari berikut ini:

  • Perawatan gigi restoratif: pemasangan mahkota gigi, jembatan, tambalan, inlay, dan onlays
  • Implant dentistry: implan gigi untuk mengganti gigi yang hilang, mereplikasi dari akar ke mahkota
  • Cosmetic Dentistry: veneer porselen, pemutihan gigi, ikatan gigi, dan koreksi posisi gusi
  • Pengobatan gigi nondiromuskular / perawatan TMD: koreksi masalah yang melibatkan sendi temporomandibular (TMJs) dan gigitannya.
  • Pengobatan bruxism: terapi untuk mengatasi penggilingan gigi dan gejala terkait
  • Orthodontik: Invisalign®, kawat gigi tradisional logam, spacer, expanders, dan retainers
  • Operasi mulut: terapi saluran akar, pencangkokan jaringan lunak dan keras, dan pencabutan gigi
  • Perawatan periodontal: penskalaan (scaling), perencanaan perawatan saluran akar, dan operasi periodontal
Kandidat Calon Pasien untuk Rekonstruksi Mulut Total

Seorang pasien yang memiliki banyak masalah kesehatan mulut yang paling banyak menyerang atau semua gigi dan jaringan pendukung di mulut hampir pasti merupakan kandidat yang baik untuk rekonstruksi mulut total. Pasien yang membutuhkan prosedur operasi lisan yang lebih luas harus cukup sehat untuk menerima anestesi lokal atau umum. Kebutuhan khusus pasien akan dibicarakan dengan dokter gigi yang berpengalaman dalam menangani kasus serupa dengan mereka.

Pasien yang lebih muda cenderung merespons lebih mudah terhadap perawatan dan sembuh dengan cepat, meskipun hal ini tidak selalu terjadi. Namun, secara umum, semakin tua pasien, semakin banyak risiko yang terlibat dengan prosedur medis atau gigi. Karena itu, rencana perawatan untuk pasien yang lebih tua mungkin melibatkan prosedur yang kurang invasif. Misalnya, pasien berusia di atas 80 tahun mungkin lebih baik dengan implan gigi mini daripada implan gigi tradisional.

Selain itu, pasien dengan masalah jantung dan mereka yang memiliki penyakit autoimun tertentu mungkin memerlukan pertimbangan khusus sebelum rekonstruksi mulut penuh. Pastikan untuk memberikan riwayat kesehatan lengkap dan menyeluruh kepada dokter gigi anda, serta daftar obat terkini yang anda pakai, selama konsultasi awal.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat