Regenerasi Gigi dan Potensi Teknologi Masa Depan dalam Kedokteran Gigi

dokter gigi depok

Regenerasi Gigi dan Potensi Teknologi Masa Depan dalam Kedokteran Gigi

Global Estetik –  Meski CAD dan CAM serta beberapa konsep lain yang telah ditawarkan dalam dunia kedokteran gigi, namun salah satu bidang dari perkembangan kedokteran gigi yang paling menarik adalah potensi regenerasi gigi dan pencegahan munculnya karies dari awal kehidupan.

Tanpa harus melihat terlalu jauh ke masa depan, penggantian dasar bioaktif dari dentin akan mengubah cara dokter gigi dalam memerangi kerusakan dan melihat potensi baru dalam perawatan gigi, seperti yang disarankan oleh Profesor Alastair Sloan:

Saya melihat perkembangan restorasi yang lebih aktif secara biologis – tambalan yang memanfaatkan perbaikan alami. Proses baru dalam mendorong perbaikan – sebagai kemajuan yang paling menarik dalam kedokteran gigi regeneratif karena ini cenderung menjadi area penelitian paling dekat dengan kenyataan untuk saat ini.

Sebagian besar dari obat dan teknologi regeneratif di masa depan akan bertumpu pada penelitian sel induk dan kita masih belum melihat dampak penuh dari teknologi sel induk hingga saat ini. Jadi apakah kita akan dapat menumbuhkan gigi baru dalam waktu 50 tahun?

Pusat penelitian Dr Ana Angelova Volponi saat ini menemukan sumber sel punca mesenkim yang mampu mempertahankan kemampuan pembentukan gigi dan dapat dengan mudah diperluas di lingkungan laboratorium:

Penelitian ini berfokus pada upaya untuk menghasilkan “biotooth” dan sejauh ini telah membuat langkah besar ke depan dengan menggunakan sel induk gingiva manusia dewasa sebagai salah satu sumber dalam pembuatan biotooth keseluruhan, di mana semua bagian anatomi gigi ada.

Namun peneliti yang lain, seperti Profesor Sloan, tidak melihat potensi pertumbuhan gigi sebagai masa depan untuk kedokteran gigi, dengan ranah teknologi sel yang belum mampu mengatasi semua kerusakan gigi: ‘Mungkin saja, tetapi apakah akan dapat dilakukan secara klinis?

Pendekatan regeneratif terhadap periodontologi terus berkembang pesat, seperti yang ditegaskan oleh Dr. Angelova Volponi: ‘Seringkali kita melihat kombinasi terapi berbasis sel, terapi gen dan aplikasi perancah untuk mengirimkan sel dan gen untuk regenerasi periodontal – bahkan perancah cetak 3D telah terbukti menunjukkan berguna di bidang ini.

Semuanya masih terdengar tidak meyakinkan hingga saat ini namun dalam setengah abad mendatang, kita mungkin akan bisa menikmati terobosan baru dalam hal regenerasi gigi di klinik-klinik gigi di tanah air.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat