Ranula Pada Lidah – FAQ

Ranula Pada Lidah – FAQ

Global Estetik – Ranulas memang membutuhkan perawatan, tapi tidak serius karena mereka tidak mengancam nyawa dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Sebuah ranula, jika cukup besar, bisa mengangkat lidah dan mengganggu proses pengunyahan, makan, dan menelan. Namun, ranula merespons pengobatan dengan baik dengan menguras kista atau melepaskannya melalui pembedahan. Untuk mengetahui lebih detail, berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai Ranula

1. Apa Saya Harus Berkonsultasi dengan Dokter Gigi Saya Mengenai Ranula ?

Ya, Anda harus berbicara dengan dokter gigi pilihan anda tentang gejala ranula yang anda derita. Ranula tidak akan hilang dengan sendirinya. Meskipun ranula biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, anda mungkin merasa tidak nyama jika kista ini tumbuh dalam ukuran besar. Seorang dokter perlu membuat diagnosis dan biasanya menjadwalkan operasi untuk perawatan.

2. Bagaimana Ranula dapat berdampak pada tubuh saya ?

Sebuah ranula mempengaruhi tubuh dengan membentuk massa di bawah lidah yang bisa mengganggu proses makan, mengunyah, dan menelan. Biasanya tumur ini tidak menimbulkan rasa sakit, tapi ia bisa tumbuh cukup besar untuk mengangkat lidah atau mengisi mulut. Terkadang, ranula bisa menyebabkan rasa sakit dan bisa mengganggu  kemampuan berbicara pasien.

3. Apakah Ranula Menular ?

Tidak, ranula tidak menular. Mereka tidak bisa dilalui dari satu orang ke orang lain. Ranula juga tidak disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Ranulas terjadi saat kelenjar ludah atau sublingual tersumbat. Kista mukosa ini terjadi secara spontan atau akibat trauma mulut.

4. Seberapa Banyak Pasien yang Menderita Ranula ?

Ranula sederhana (bentuk paling paling umum dari tumor ini) sangat tidak umum terjadi. Mereka terjadi di sekitar dua orang dari setiap 10.000 orang. Dalam sebuah penelitian terhadap 1.303 kista kelenjar ludah, hanya 42 kista yang masuk dalam tipe ranula. Plunging ranula (bentuk ranula yang paling tidak umum) bahkan lebih langka lagi.

Ranula sederhana lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria sementara plunging ranula lebih sering didapat pada pria. Orang yang berusia 30 tahun dan lebih muda memiliki insidensi yang lebih tinggi untuk mengidap ranula.

5. Bagaimana Cara Saya Memanage Mulut dengan Ranula ?

Cara terbaik mengelola ranula adalah dengan menemui dokter. Ranula bisa tumbuh cukup besar untuk mengganggu hidup anda. Kista ini juga tidak sembuh sendiri. Pembedahan atau drainase oleh dokter diperlukan untuk merawatnya.

6.  Apa Faktor yang Menyebabkan Meningkatnya Peluang Saya untuk Mengidap Ranula ?

Operasi mulut bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena ranula. Beberapa bentuk ranula dapat terbentuk secara spontan, tapi yang lain mungkin akan timbul akibat trauma mulut, seperti pembedahan atau cedera. Tidak ada risiko tambahan yang dikenal sebagai penyebab ranulas karena penyakit ini tidak dapat menular dari orang ke orang, juga tidak disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat