Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Tips Mudah untuk Merawat Gigi dan Mulut

dokter gigi depok

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Tips Mudah untuk Merawat Gigi dan Mulut

Global Estetik – Selama berpuasa di bulan Ramadhan, akan sangat penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan gigi untuk tepat dalam kondisi yang terbaik terlepas dari perubahan rutinitas  Anda. Bagi mereka yang berpuasa, menderita bau mulut adalah dampak yang sangat umum dan sangat mudah untuk dihindari ketika Anda mengingat beberapa tips yang telah kami siapkan dibawah ini. Kesehatan mulut tidak hanya membantu dalam proses mengunyah dan penampilan tetapi juga menambah kepercayaan diri selama interaksi sosial di bulan yang suci ini.

Tips #1

Mulailah menyikat gigi setelah sahur karena sangat penting untuk membersihkan mulut Anda dengan menyapu partikel makanan yang terjebak yang menyebabkan kerusakan gigi dan menggunakan pembersih lidah untuk menghilangkan residu yang terbentuk pada lidah yang merupakan penyebab utama agen bau mulut.

Tips #2

Konsumsi buah dan sayuran rebus yang memiliki kandungan serat tinggi pada saat berbuka puasa yang akan membantu dalam remineralisasi gigi Anda secara alami. Karena orang yang berpuasa hampir selama 14 jam tanpa makan dan minum air yang artinya telah menumpuk bau tidak sedap di mulut dan kekeringan yang dapat mempercepat proses pembusukan ketika Anda mengonsumsi makanan bergula saat berbuka puasa. Jadi, untuk membalikkan proses pembusukan, Anda harus mengonsumsi makanan kaya serat yang akan menyimpan mineral dalam gigi agar tetap sehat.

Tips #3

Dengan menggunakan Miswak – ranting dari pohon arak gigi yang dapat membersihkan gigi selama jam-jam puasa dan juga membantu merangsang air liur yang mencegah kekeringan mulut dan bau mulut. Miswak juga mengandung aksi anti-bakteri yang efektif hingga 60%.

Tips #4

Pasien diabetes yang terkompromikan secara periodik harus menggunakan obat kumur chlorhexidine dua kali sehari dalam rasio 1: 1 untuk mencegah kerusakan gusi lebih lanjut karena infeksi gusi akan menimbulkan bau mulut. Lakukan profilaksis oral sebelum berpuasa untuk memastikan kesehatan gusi tidak memburuk selama puasa dan menghindari bau mulut.

Tips #5
  • Mulai menggunakan pasta gigi berfluoridated (1350ppm) dua kali sehari, karena fluoride memberi kekuatan pada gigi dan mencegah dari demineralisasi atau pembentukan rongga.
  • Orang yang menggunakan gigi palsu harus membersihkannya dengan tablet pembersih gigi palsu yang dilarutkan dalam air dan kemudian dipakai saat puasa karena gigi palsu yang tidak bersih akan menghasilkan bau mulut.
  • Pasien usia lanjut harus menggunakan sikat gigi listrik untuk membersihkan gigi secara efektif untuk menghindari kerusakan gigi dan bau mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat