Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Tips Kesehatan Gigi Selama Berpuasa – Part 1

klinik gigi depok

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Tips Kesehatan Gigi Selama Berpuasa – Part 1

Global Estetik – Gigi Anda mungkin bukan hal yang teratas dalam daftar prioritas yang akan Anda pikirkan selama bulan suci Ramadhan. Tapi menjaga kesehatan gigi adalah ide yang baik kapanpun Anda mengingatnya.

Anda perlu menjaga rutinitas gigi Anda, sehingga puasa Anda tidak berdampak negatif pada kesehatan mulut Anda. Karena pendapat dan preferensi pribadi berbeda-beda tentang praktik terbaik untuk menjaga kesehatan gigi selama bulan Ramadhan, harap pertimbangkan petunjuk ini sebagai saran yang bermanfaat saja.

Jika Anda belum pernah ke dokter gigi dalam lima bulan terakhir, buatlah janji untuk pemeriksaan gigi sebelum Anda mulai berpuasa. Dokter gigi di Global Estetik akan dapat menunjukkan setiap masalah yang perlu segera diperhatikan agar Anda merasa nyaman saat berpuasa.

dokter gigi bandungBanyak orang yang berpuasa merencanakan jadwal rutin ketika mereka akan makan dan tidur. Sebaiknya pastikan Anda menjadwal ulang rutinitas menyikat gigi dan kebersihan mulut yang biasa Anda lakukan sehingga Anda dapat menggunakan floss dan sikat gigi selama dua menit sebelum tidur, dan pada waktu lain diluar waktu berpuasa.

Idealnya Anda harus menunggu setengah jam setelah makan sebelum menyikat gigi sehingga enamel dapat meremajakan kembali bentuknya sembari juga kembali mengeras. Namun, jika fajar telah keburu menyingsing Anda mungkin tidak bisa menunggu.

Patut diingat bahwa fluoride membantu melindungi enamel gigi, sehingga pasta gigi dan obat kumur – ingat untuk diludahi, bukannya ditelan – dapat digunakan kapan saja selama jam-jam non-puasa dan tentunya akan sangat membantu kesehatan gigi.

Adalah merupakan ide yang baik untuk mempertimbangkan prosedur gigi mana yang akan Anda lakukan selama bulan Ramadhan, terutama dalam kasus darurat gigi. Jika, misalnya, Anda sakit gigi parah pada siang hari, abses, atau tambalan yang hilang, lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih baik? Berikut adalah beberapa ketidaknyamanan yang kerap dialami oleh orang yang sedang berpuasa:

  1. Mulut kering
  2. Bau mulut
  3. Keram rahang
Bagaimana cara mencegah mulut kering?

Banyak sumber yang setuju babhwa, meskipun ini adalah area yang tidak pasti, selama Anda tidak menelan cairan, selama jam-jam puasa Anda dapat berkumur. Pastikan untuk meludah dengan baik. Air liur di mulut akan penting untuk melawan bakteri dan masalah yang diakibatkan mulut kering kerap meningkatkan kemungkinan kerusakan pada gigi.

Selama jam-jam non-puasa, pastikan untuk minum air yang banyak untuk rehidrasi. Hindari makanan yang bersifat asin dan minuman berkafein, yang dapat memacu dehidrasi. Rencanakan makanan seimbang selama berbuka dan sahut yang mencakup protein, buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan umum yang baik. Selain itu, hindari produk yang tinggi lemak dan gula.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat