Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Senyum yang Lebih Cerah selama Ramadhan – Part 3

klinik gigi bandung

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Senyum yang Lebih Cerah selama Ramadhan – Part 3

Global Estetik – Mengapa Ramadhan menjadi waktu terbaik untuk mulai berhenti merokok?

Partikel-partikel asap di tenggorokan dan paru-paru meninggalkan aroma basi yang melekat selama berjam-jam dan berkontribusi langsung pada munculnya maslaah bau mulut. Partikel asap di mulut menyebabkan kekeringan dan mengurangi laju aliran saliva yang menyebabkan perokok lebih mungkin menderita penyakit gusi.

Selama Ramadhan, Muslim yang biasanya merokok tidak merokok selama berpuasa, tetapi kebanyakan cenderung merokok setelah berbuka puasa yang berkontribusi memperburuk masalah mereka. Perokok harus mulai meniatkan untuk penghentian merokok selama Ramadhan dan sepanjang sisa tahun ini juga, dengan menghubungi dokter, dokter gigi atau teman dekat mereka untuk menghentikan kebiasaan ini sekali dan untuk selamanya.

Apa saja prosedur gigi yang diizinkan selama Ramadan?

klinik gigi depokSyekh Abd al-Azeez bin Baaz mengizinkan scaling (atau pembersihan), restorasi (atau penambalan), ektraksi (atau pencabutan gigi) dan penggunaan anestesi lokal selama puasa. Tetapi seseorang harus berhati-hati untuk tidak menelan obat atau darah.

Demikian pula, suntikan juga tidak mempengaruhi validitas puasa karena injeksi tersebut bukan jenis makanan atau minuman, dan prinsip dasarnya adalah bahwa puasanya sah. [sumber: Ajwabah Muhimmah tata’allaq bi Arkaan al-Islam].

Namun selama bulan puasa, alangkah lebih baiknya jika seseorang bisa pergi ke dokter gigi di malam hari. Sebaiknya jadwalkan kembali atau tunda perawatan terutama jika tidak ada rasa sakit  dan ketidaknyamanan yang akut.

Apa hubungan antara penggunaan miswak dan kebersihan gigi di bulan Ramadhan?

Miswak, selain khasiat obatnya, juga sangat dianjurkan dalam Islam. Aishah رضي الله عنها meriwayatkan, Nabi ﷺ bersabda:

لسِّوَاكَ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِّ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ
“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb”. [Hadits shahih riwayat Ahmad, Irwaul Ghalil no 66).

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh King Saud University (KSU) yang berbasis di Riyadh, total 19 zat alami ditemukan di miswak yang bermanfaat bagi kesehatan gigi. Miswak mengandung:

  • Antiseptik alami yang membunuh mikroorganisme berbahaya di mulut
  • Asam tanat yang melindungi dari penyakit gusi
  • Minyak aromatik yang meningkatkan air liur
  • Bahan-bahan yang mencegah gigi berlubang, pewarnaan gigi, pendarahan gusi, kanker mulut dan pembusukan, dan menenangkan sakit gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat