Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Paket Informasi Singkat tentang Kesehatan Gigi – Part 2

klinik gigi bandung

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Paket Informasi Singkat tentang Kesehatan Gigi – Part 2

Global Estetik – Dalam hal kebersihan mulut dan perawatan gigi, apa yang harus diketahui oleh para penyedia layanan kesehatan gigi dan pasien yang sedang berpuasa di bulan Ramadhan? Dokter gigi kami di Global Estetik akan memberi kita wawasan penting tentang kesehatan gigi dan mulut selama Bulan Suci Ramadhan. Semua hal yang perlu Anda ketahui tengan kedokteran gigi, tindakan mana yang diizinkan dan mana yang akan membatalkan puasa akan kami kupas dengan jelas dibawah ini.

Akankah perawatan prosedur gigi serta pemberian suntikan dapat membatalkan puasa?

Beberapa pasien berpikir bahwa tindakan yang terjadi selama prosedur kesehatan gigi akan membatalkan puasa tetapi anestesi lokal (suntikan) adalah bentuk perawatan yang diizinkan bagi mereka yang sedang berpuasa di bulan Ramadhan. Namun, ketika pasien enggan, yang terbaik adalah menjadwalkan ulang atau menunda perawatan terutama jika tidak ada rasa sakit atau ketidaknyamanan yang akut.

Apakah ada prosedur gigi yang harus ditunda oleh pasien yang sedang puasa jika tanggal perawatan jatuh pada bulan Ramadhan?

Perawatan gigi dan prosedur pencegahan termasuk restorasi, scaling dan ekstraksi tidak membatalkan puasa, tetapi beberapa pasien tidak mau melakukan prosedur karena perbedaan pandangan mereka. Pasien yang memerlukan perawatan segera atau lanjutan, seperti mereka yang menderita penyakit kronis yang memburuk atau mereka yang menghadapi keadaan darurat gigi, dapat berbuka puasa. Jika memungkinkan, dokter gigi dapat menunda atau menjadwalkan kembali perawatan untuk pasien mereka.

Adakah saran tentang pasien yang minum obat dan tetap ingin berpuasa?

Obat yang diasup via oral tidak diizinkan dan membatalkan puasa. Jika Anda jatuh sakit dan menghindari obat-obatan dapat berakibat membahayakan dan mengancam jiwa, Anda dibolehkan berbuka puasa.

Ketika masalah gigi terjadi selama bulan suci Ramadhan dan obat-obatan diperlukan, Anda dapat berdiskusi dengan dokter gigi Anda. Mereka mungkin akan dapat menyesuaikan obat dan atau dosis Anda.

Ikuti tips ini bagi kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa

  1. Jangan lewatkan makan sahu.
  2. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa.
  3. Hindari makan gorengan, makanan asin dan makanan tinggi gula.
  4. Minumlah air sebanyak mungkin.
  5. Jaga agar makanan Anda tetap sehat.
  6. Jika memungkinkan, pilihlah untuk mengukus atau memanggang.
  7. Jika Anda menggunakan minyak untuk memasak, pilihlah opsi minya yang sehat seperti minyak canola.
  8. Minumlah banyak air seperti susu.
  9. Kurangi konsumsi kopi, teh, soda, dan semua minuman berkafein lainnya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat