Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Paket Informasi Singkat tentang Kesehatan Gigi – Part 1

dokter gigi depok

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Paket Informasi Singkat tentang Kesehatan Gigi – Part 1

Global Estetik – Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender lunar Islam yang merupakan bulan yang mewajibkan umat Islam untuk berpuasa. Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam, dan sepanjang bulan suci Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa setiap hari dari awal fajar hingga matahari terbenam. Semua Muslim yang sehat secara fisik, mental, dan dewasa di seluruh dunia harus menghindari makan, minum, merokok, dan semua kebutuhan fisik lainnya.

Dalam hal kebersihan mulut dan perawatan gigi, apa yang harus diketahui oleh para penyedia layanan kesehatan gigi dan pasien yang sedang berpuasa di bulan Ramadhan?

Dokter gigi kami di Global Estetik akan memberi kita wawasan penting tentang kesehatan gigi dan mulut selama Bulan Suci Ramadhan. Semua hal yang perlu Anda ketahui tengan kedokteran gigi, tindakan mana yang diizinkan dan mana yang akan membatalkan puasa akan kami kupas dengan jelas dibawah ini.

Apa yang sebenarnya didapat dari berpuasa?

Berpuasa memungkinkan kita untuk belajar menahan diri dari kesenangan dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan kontrol diri dan disiplin diri, memurnikan pikiran dan tubuh, dan berempati dengan mereka yang hidup dalam kekurangan.

Dari segi kesehatan, puasa melibatkan proses terapi yang kuat yang dapat membantu orang untuk pulih dari kondisi kesehatan yang ringan hingga parah. Puasa dapat menurunkan gula darah, kolesterol, dan tekanan darah (sistolik). Selain itu, puasa Ramadhan akan menjadi rekomendasi ideal untuk pengobatan diabetes ringan hingga sedang, stabil, non-insulin, obesitas dan hipertensi esensial.

Apa saran untuk menjaga kebersihan mulut untuk orang yang berpuasa? Masih bisakah menyikat gigi, floss dan menggunakan obat kumur seperti biasa?

Penggunaan pasta gigi diperbolehkan selama bulan suci Ramadhan, meskipun beberapa cendekiawan Islam menganggap penggunaan pasta gigi sangat tidak dianjurkan karena menelan dengan sengaja atau tidak sengaja akan dapat membatalkan puasa.

Namun Anda selalu dapat menyikat gigi dan membersihkan mulut dengan saksama sebelum tidur di malam hari dan kmi sarankan menyikat gigi setelah makan sahur. Menyikat gigi dua kali sehari telah cukup untuk pencegahan perkembangan penyakit di dalam mulut.

Obat kumur umumnya diresepkan oleh dokter gigi sebagai tambahan untuk kebersihan mulut. Beberapa pasien mungkin enggan menggunakan obat kumur karena takut menelan sebagian. Jika ini masalahnya, Anda dapat menggunakannya di luar jam puasa seperti yang disarankan oleh dokter gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat