Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

dokter gigi depok

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

Global Estetik -Bau mulut yang disebabkan oleh dehidrasi adalah efek samping yang umum dirasakan oleh mereka yang berpuasa, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan bau mulut.

Terlepas dari waktunya, dokter gigi telah menyarankan semua pasien untuk terus menggunakan floss, menyikat gigi, dan menggunakan obat kumur setidaknya dua kali sehari untuk pencegahan penyakit mulut. Selama bulan Ramadhan, dokter gigi telah merekomendasikan menyikat gigi setelah makan sahur dan sebelum tidur.

Selama berpuasa, kita biasanya akan menderita bau mulut, maka dokter gigi akan merekomendasikan semua pasien puasa selama berbuka dan sahur untuk minum banyak air, makan banyak buah-buahan dan sayuran, dan menghindari makanan pedas dan asin yang dapat menyebabkan dehidrasi yang tentunya akan memperburuk masalah.

klinik gigi depokSeperti halnya implikasi kesehatannya, merokok adalah penyebab pewarnaan gigi yang terkenal menjadi masalah utama. Dokter gigi juga merekomendasikan untuk menggunakan Ramadhan sebagai motivasi untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi pasien yang merupakan perokok untuk berhenti merokok karena mereka telah menahan diri untuk tidak merokok selama siang hari. Landasan ini tentunya akan lebih dipermudah dengan mengimbangi diri dnegan makan makanan yang sehat.

Dokter gigi di Global Estetik juga memiliki tips tambahan untuk menjaga gigi dan mulut Anda tetap sehat dan berbau segar selama bulan Ramadhan:

  • Gunakan scraper lidah atau pembersih untuk menghilangkan residu putih yang melapisi lidah. Lapisan sering menjadi penyebab bau mulut. Scraper lidah atau pembersih dapat dibeli di apotek mana saja.
  • Jika makanan berbuka puasa atau sahur Anda termasuk ikan atau susu, sikat segera setelah makan makanan ini. Ikan dan susu mengandung protein spesifik yang dapat menyebabkan bau mulut saat mereka dipecah di mulut.
  • Jika Anda memiliki gigi palsu, sebelum tidur, gunakan larutan antiseptik untuk membersihkannya. Ini akan membantu mencegah bau mulut.
  • Cobalah untuk menghindari makanan yang lengket, seperti cokelat, beberapa jenis sereal dan keju. Beberapa makanan ini mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda dan kemudian tidak bisa dilepas jika Anda tidak menyikatnya dengan hati-hati.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi klinik Global Estetik yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Selamat berpuasa!

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat