Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Lawan Nafas Bau Selama Berpuasa dengan Tips Ini – Part 4

dokter gigi bandung

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Lawan Nafas Bau Selama Berpuasa dengan Tips Ini – Part 4

Global Estetik – Bagaimana Kita Bisa Menghindari Masalah Bau Mulut Kala Sedang Berpuasa?

Menjaga kebersihan mulut yang baik
Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi bau mulut baik selama Ramaḍān dan sepanjang tahun sekarang harusnya akan lebih jelas kerana alasannya telah lebih mudah dipahami. Kita telah mengerti bahwa penyebab utama bau mulut adalah kebersihan mulut yang buruk. Oleh karena itu obat utama untuk bau mulut adalah memastikan kita menjaga kebersihan mulut yang baik membersihkan mulut bakteri dan sisa makanan.

Di bawah ini adalah pedoman berbasis bukti yang direkomendasikan dalam menjaga kebersihan mulut yang baik:

  1. Menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride (1350ppm) harus dilakukan dua kali sehari membersihkan gigi pada malam hari sebelum tidur dan setidaknya satu kali lain setiap hari
  2. Menyikat gigi harus berlangsung selama dua menit memastikan Anda menyikat semua permukaan gigi termasuk margin gusi
  3. Pasien yang tidak benar menyikat gigi dengan sikat gigi manual harus mencoba untuk beralih ke sikat gigi listrik di mana penelitian menunjukkan sikat gigi listrik dapat secara signifikan meningkatkan pembersihan mereka. Diskusikan teknik menyikat gigi Anda dengan dokter gigi Global estetik sebelum berpindah ke sikat gigi elektrik.
  4. Selain menyikat gigi, penelitian juga menunjukkan penggunaan benang floss gigi, sikat gigi interdental, pembersih lidah, dan obat kumur anti-bakteri dapat mengganggu plak di mulut Anda dan menghilangkan sisa makanan sehingga mengurangi bau mulut.

Selama puasa, umat Islam dapat menyikat gigi mereka dengan pasta gigi selama mereka tidak sengaja menelan pasta gigi. Dimungkinkan juga untuk menggunakan obat kumur selama obat kumur tidak tertelan. Menyikat dua kali sehari dengan penggunaan obat kumur yang benar selama Ramadhan dan sepanjang tahun harusnya secara signifikan dapat mengurangi potensi bau mulut untuk terjadi.

Pembersihan Lidah
Membersihkan lidah dengan lembut dua kali sehari adalah cara lain yang efektif untuk mengendalikan bau mulut; yang dapat dicapai dengan menggunakan pengikis lidah atau sikat gigi lidah terpisah untuk menyapu bersih lapisan biofilm bakteri, serpihan, dan lendir. Minta dokter gigi Anda untuk merekomendasikan scraper untuk lidah Anda. Menyikat sedikit air asin ke permukaan lidah akan semakin menghambat aksi bakteri. Makan sarapan sehat dengan makanan yang sehat juga akan membantu membersihkan bagian belakang lidah.

Cara Mengatasi Masalah Mulut Kering saat Berpuasa

Untuk meminimalkan efek memiliki mulut kering selama berpuasa yang, seperti yang dibahas sebelumnya yang dapat meningkatkan bau mulut, seseorang yang berpuasa harus memastikan dirinya untuk:

  • dokter gigi bandungMinumlah banyak air di luar jam puasa, minumlah sedikit, tetapi sering-seringlah.
  • Anda juga dapat membilas mulut mereka dengan air (selama tidak ada air yang ditelan dengan sengaja), sebagian besar Muslim akan melakukan tindakan ini tiga kali setiap kali saat mereka melakukan wudhu sebelum melakukan shalat wajib.
  • Gunakan Miswāk untuk merangsang aliran saliva.
  • Bicaralah dengan dokter untuk memeriksa apakah ada obat yang menyebabkan mulut kering.

Ringkasan
Sebagai kesimpulan, jika Anda tidak ingin bernafas buruk selama Ramaḍān, maka sikat gigi minimal dua kali sehari selama 2 menit terutama sebelum Anda pergi tidur dan setelah makan sahur, bersihkan lidah Anda dan minum banyak cairan kapan pun Anda bisa. Sering-seringlah membilas mulut selama puasa tanpa menelan air apa pun yang membuat mulut Anda tetap basah dan membuat aliran air liur dapat terstimulasi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat