Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Lawan Nafas Bau Selama Berpuasa dengan Tips Ini – Part 2

dokter gigi bandung

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Lawan Nafas Bau Selama Berpuasa dengan Tips Ini – Part 2

Global Estetik – Penyebab Munculnya Bau Mulut

Kebersihan mulut yang buruk
Penyebab utama bau mulut adalah kebersihan mulut yang buruk. Jika kita tidak menjaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari, flossing, menggunakan obat kumur, kita cenderung tidak akan bisa mengurangi jumlah bakteri alami ini sehingga mengakibatkan bau mulut.

Tidak menghilangkan dan mengganggu bakteri di mulut (plak) juga akan menyebabkan penyakit gigi seperti penyakit periodontal (penyakit gusi) yang, bersama dengan bau mulut, akan menyebabkan masalah gigi lainnya. Menjaga kesehatan mulut yang baik akan dibahas lebih lanjut di bagian selanjutnya dalam series artikel ini.

Mulut kering
Intensitas bau mulut bisa berbeda tergantung pada diet dan kekeringan mulut dll. Sebagai hasil dari mulut yang menjadi lebih kering saat berpuasa di mana minum segala bentuk cairan tidak diizinkan, akan ada lebih banyak bau yang berpotensi muncul.

dokter gigi bandungSelama berpuasa, bau mulut sepertinya terassa lebih buruk. Mengapa ini terjadi? Air liur adalah obat kumur alami kita. Caitan mengandung agen antibakteri, dan bersaing dengan bakteri untuk sumber daya langka seperti zat besi. Air liur membantu mencuci bakteri dan makanan dari mulut, dan lapisan air liur membantu bau mulut keluar. Bau mulut adalah yang terburuk ketika aliran air liur sedikit atau tidak ada sama sekali, misalnya selama berpuasa.

Ini karena saat kita berpuasa, kita tidak makan dan minum selama siang hari sehingga menurunkan aliran stimulasi saliva sehingga menyebabkan mulut kita kering. Jika mulut kering, sel-sel mati dan bakteri dapat menumpuk di lidah, gusi dan bagian dalam pipi kita. Sel-sel ini kemudian mulai membusuk dan mengeluarkan bau yang tidak enak sehingga mengintensifkan napas kita.

Segera setelah seseorang mulai makan dan minum, kelenjar ludah Parotid distimulasi dan mulai mengeluarkan air liur yang menyebabkan sel-sel mati dan bakteri dibersihkan sehingga mengurangi bau yang tidak sedap. Mulut kering juga merupakan alasan mengapa kita memiliki bau mulut di pagi hari dibandingkan dengan di kemudian hari.

Aliran saliva kita menurun drastis saat kita tidur menyebabkan mulut kering dan menyebabkan bau mulut karena alasan yang dijelaskan di atas. Hal ini akan memiliki efek yang lebih buruk pada orang yang cenderung tidur dengan mulut terbuka. Karena itu sangat penting untuk memastikan kita membersihkan mulut dengan benar sebelum tidur untuk membatasi jumlah bakteri di mulut.

Contoh mulut kering di atas semuanya bersifat sementara mis. saat berpuasa atau tidur, namun jika Anda menderita mulut kering terus-menerus penting Anda berkonsultasi dengan dokter gigi di klinik gigi Global Estetik karena biasanya ada masalah yang mendasarinya. Istilah medis untuk mulut kering yang persisten dikenal sebagai Xerostomia dan memiliki sejumlah penyebab mulai dari efek samping dari pengobatan, diabetes dan perawatan pasca kanker.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat