Global Estetik – Di bulan suci Ramadhan, sangat penting bagi kita untuk menjaga dan menjaga kebersihan mulut kita. Jika Anda berpuasa, Anda mungkin akan menderita masalah dengan bau mulut atau mulut yang kering. Anda dapat menghindari masalah kesehatan mulut ini jika Anda mengaplikasikan tip-tip di bawah ini dalam rutinitas harian Anda selama berpuasa.

Kontrol Asupan Makanan dan Air

Selama Sahur dan Berbuka 

  1.  Perbanyak konsumsi air, jus segar dan sup
  2.  Kurangi asupan kafein (kopi, teh, dan semua minuman berkafein lainnya) karena efek diuretiknya yang selanjutnya menyebabkan dehidrasi.
  3.  Hindari konsumsi pedas dan garam dalam makanan
  4.  Makan buah-buahan dan sayuran karena kaya akan serat. Jaga agar makanan Anda bergizi dan sehat dengan memanggang, mengukus, atau memanggang dan menggunakan minyak goreng seperti canola atau bekatul.
  5. Makanan yang lengket – Hindari makanan yang lengket seperti cokelat dan keju karena dapat tersangkut di antara gigi
  6. Konsumsi ikan & susu – Selalu menyikat setelah konsumsi ikan dan susu karena mengandung protein spesifik yang menyebabkan bau mulut
Baca Juga :  Kebiasan yang Membuat Tubuh Rentan Sakit
Praktek Kebersihan mulut selama Bulan Ramadhan
  • Menyikat Gigi –  Selalu ikuti praktik menyikat gigi dua kali sehari, bahkan selama Ramadhan. Yang pertama adalah menyikat gigi setelah sahur dan yang kedua adalah sebelum tidur.
  • Obat kumur – Gunakan obat kumur untuk berkumur selama waktu non-puasa seperti yang disarankan oleh dokter gigi Anda untuk menghindari penyakit gusi dan infeksi
  • Floss gigi – Adalah selalu menjadi langkah yang baik untuk membersihkan gigi dengan membersihkan sisa makanan di antara gigi Anda
  • Scraper Lidah – Gunakan scraper lidah untuk membersihkan lapisan residu putih pada lidah Anda yang merupakan penyebab paling umum bau mulut.
  • Gigi palsu – Jika Anda menggunakan gigi palsu, simpanlah dalam larutan antiseptik untuk membersihkannya.
Baca Juga :  Langkah Tepat Menghadapi Mahkota Gigi yang Bermasalah - Part 2
Merokok

Selama periode bulan Ramadhan, Anda harus berhenti merokok di siang hari, langkah ini dianggap sebagai waktu terbaik untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Telah ada banyak pasien yang akhirnya berhenti total dari kebiasaan buruk ini.

Penting juga untuk dicatat bahwa perawatan kesehatann gigi yang dilakukan selama bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa selama bulan Ramadhan. Anda diijinkan untuk melakukan prosedur gigi dan perawatan pencegahan seperti scaling, pembersihan, restorasi dll.