Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Jangan Lupakan Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

dokter gigi depok

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Jangan Lupakan Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

Global Estetik – Mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman yang manis-manis ditambah dengan kurangnya hidrasi selama bulan Ramadhan membuat banyak mereka yang berpuasa menderita masalah dengan bau mulut. Dalam beberapa kasus yang lain, masalah ini berkembang hingga memperburuk masalah pada gigi.

Banyak orang percaya bahwa bau mulut tidak bisa dihindari saat puasa. Beberapa dari mereka juga menunda perawatan kesehatan gigi selama bulan Ramadhan, tetapi penundaan ini dapat membuat gigi yang berlubang menjadi lebih bermasalah.

Langkah-langkah sederhana seperti berkumur dan menyikat gigi dengan benar akan memastikan kebersihan gigi, bahkan saat berpuasa. Alokasikan waktu selama jam tidak berpuasa untuk memastikan gigi dan mulut mendapatkan treatment terbaik.

Bau mulut, atau halitosis, seringkali merupakan hasil dari mulut kering. Kurangnya air liur menyebabkan bakteri di mulut bertindak atas sisa-sisa makanan di antara gigi dan pada lapisan lidah, melepaskan gas yang tidak mengenakkan.

Keadaan menjadi tidak membantu ketika mereka yang berpuasa makan lebih banyak makanan bergula dan daging, kemudian tidur tanpa menyikat gigi. Para pengguna prostesis gigi seperti gigi palsu, jembatan dan retainer tidak boleh mengabaikan perawatan gigi mereka, dan harus sering dibersihkan saat puasa, karena mereka juga dapat menampung partikel makanan.

Dokter gigi juga menyarankan para pasien mereka untuk tidak menunda perawatan gigi sampai setelah bulan Ramadhan. Bahkan jika Anda khawatir bahwa perawatan akan mempengaruhi puasa, sebagian besar klinik gigi akan buka hingga larut malam untuk mengakomodasi pasien setelah berbuka puasa.

Jadi jika Anda tidak ingin mendapatkan perawatan untuk penyakit gusi atau gigi berlubang selama bulan Ramadhan, pastikan Anda mengunjungi dokter gigi di Global Estetik sebelum dan selama bulan puasa.

Jika Anda menghadapi gusi yang berdarah atau sakit, segera kunjungi dokter gigi. Tidak melakukan hal itu dapat memperburuk masalah, dan membuat perawatan akhirnya menjadi panjang dan menyakitkan. Lakukan hal ini untuk membantu menjaga kesehatan gigi selama bulan puasa

  • Sering bilas saat puasa untuk mencegah bau mulut.
  • Minumlah cukup air setelah berbuka puasa.
  • Sikat gigi dan floss sebelum tidur.
  • Gunakan scraper lidah karena bakteri berkembang biak pada lapisan lidah.
  • Bersihkan gigi palsu, jembatan dan retainer sepanjang hari.
  • Hindari terlalu banyak makanan manis dan berlemak.
  • Jangan menunda perawatan gigi sampai setelah bulan Ramadhan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat