Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Cara Mempertahankan Kesehatan Gigi Selama Berpuasa

dokter gigi depok

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Cara Mempertahankan Kesehatan Gigi Selama Berpuasa

Global Estetik – Semua muslim yang sehat diharuskan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan. Kesempatan ini memungkinkan orang untuk belajar menahan diri dari godaan kesenangan sehari-hari dan mengembangkan disiplin dan kontrol diri. Seperti yang kita tahu, selama berpuasa kita tidak diperbolehkan minum, makan, dan melakukan hal-hal lain. Karena alasan ini, sulit untuk menjaga kesehatan gigi dalam level terbaik selama bulan Ramadhan.

Proses puasa kerap mengembangkan dehidrasi. Dengan demikian, bau mulut adalah salah satu masalah kesehatan mulut yang paling umum dihadapi oleh muslim yang berpuasa. Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda tips tentang cara merawat kesehatan gigi Anda selama bulan Ramadhan.

Sikat gigi setelah sahur

Kebanyakan dokter gigi akan merekomendasikan pasien mereka untuk menyikat gigi setelah sahur. Menyikat gigi setelah sahur  sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi karena partikel makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Dokter gigi di Global Estetik percaya bahwa partikel ini adalah penyebab utama bau mulut. Karena itu, penting untuk menjaga gigi Anda tetap bersih.

Bilas mulut Anda dengan air

klinik gigi depokMembilas mulut Anda dengan air atau menggunakan obat kumur diperbolehkan selama Anda tidak akan menelan apa pun dan proses ini dianjurkan oleh dokter gigi sebagai bagian dari kebersihan mulut Anda. Namun, ada yang skeptis tentang ide itu karena mereka takut akan menelan sesuatu. Jika ini masalahnya, lakukan ini di luar jam puasa sehingga Anda tidak memiliki ketakutan akan batalnya puasa.

Gunakan floss

Banyak dokter gigi sangat menyarankan menggunakan benang floss gigi untuk menghilangkan residu putih pada lidah Anda karena lapisan ini sering menjadi alasan untuk bau mulut. Flossing akan menghilangkan bakteri dan plak di antara gigi dan di bawah garis gusi. Jika Anda takut risiko menyikat gigi, flossing adalah cara sempurna untuk melindungi gigi dan gusi Anda dari gigi berlubang dan penyakit gusi yang disebabkan oleh plak.

Gunakan miswak

Penggunaan miswak diizinkan untuk membersihkan gigi. Miswak adalah ranting dari pohon arak yang digunakan untuk membersihkan gigi. Miswak juga membantu merangsang air liur yang akan mencegah kekeringan pada tenggorokan dan menghilangkan bau mulut di mulut Anda.

Kesimpulan

Ingatlah bahwa kesehatan gigi Anda harus menjadi prioritas utama Anda. Jika Anda merasa sakit yang tidak tertahankan lagi, maka didalam Islam, Anda dibolehkan untuk membatalkan puasa. Ketika masalah gigi terjadi selama Ramadhan, hubungi klinik gigi Global Estetik dan jadwalkan perawatan terbaik Anda bersama kami.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat