Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Berpuasa dan Dampaknya Pada Kesehatan Gigi dan Mulut

dokter gigi bandung

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Berpuasa dan Dampaknya Pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Global Estetik – Puasa di bulan Ramadhan dilakukan pada setiap bulan kesembilan dalam kalender lunar Islam. Bulan ini juga merupakan bulan puasa yang mengajarkan kontrol diri, disiplin diri yang membantu dalam memurnikan pikiran dan tubuh.

Perubahan yang Terjadi pada Mulut Orang yang Berpuasa

Selama puasa, peningkatan konsentrasi senyawa yang mengandung Sulfur hadir di mulut dapat menyebabkan bau mulut atau halitosis.

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menajaga Nafas tetap Segar

1- Sikat gigi Anda dua kali sehari.

2- Gunakan pengikis lidah atau sikat untuk mengikis lidah Anda dengan lembut. Proses ini membantu untuk menghilangkan lendir yang menumpuk di lidah Anda yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

3 – Jika Anda memakai gigi palsu, cucilah secara teratur dan biarkan mereka tetap lembab sambil menempatkan gigi palsu di mulut untuk menjaga agar gusi Anda tetap terhidrasi. Ini mengurangi ulserasi yang bisa terjadi.

4- Bilas mulut Anda setiap empat jam untuk mencegah dehidrasi.

5- Makan buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup, karena mereka adalah sumber hidrasi yang sangat baik.

6- Mengunyah daun mint atau peterseli pada jam-jam non-puasa adalah solusi alami untuk mendinginkan dan menyegarkan mulut.

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mencega Munculnya Lubang pada Gigi saat Berpuasa

Pertahankan kebersihan mulut dengan menyikat dan membersihkan gigi setelah makan. Jika dokter gigi Anda telah meresepkan alat bantu gigi lain untuk Anda seperti sikat interdental atau flosser air, pastikan Anda mengikuti semua instruksi kebersihan mulut Anda sesuai resep yang diberikan.

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para tokoh terkemuka telah menyimpulkan bahwa puasa tidak akan melukai gigi. Ini karena tubuh memiliki cadangan yang darinya, dalam keadaan darurat, seperti puasa ia mulai menarik mineral, vitamin, dan unsur-unsur lain yang diperlukan.

Tips Konsumsi Makanan dan Minuman Selama Berpuasa

1- Kurangi asupan kafein (kopi, teh, dan semua minuman berkafein lainnya) karena menyebabkan dehidrasi dan juga cenderung menodai gigi Anda.

2- Hindari makanan yang digoreng dan pedas.

3 – Makan buah-buahan dan sayuran karena kaya akan serat. Mereka akan membantu untuk mensterilisasi ulang gigi Anda.

4 – Hindari makanan lengket seperti coklat, permen manis, dan keju karena dapat tersangkut di antara gigi dan juga meminimalkan jumlah asam yang diproduksi dalam mulut yang mengarah ke rongga mulut.

5 – Tetap terhidrasi, karena air memungkinkan mulut untuk mengeluarkan air liur yang mengurangi pembusukan dan bau mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat