Radang Sendi dan Kesehatan Gusi

Global Estetik – Satu hal yang kita ketahui adalah bahwa radang sendi dan penyakit gusi sering terjadi bersamaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan penyakit gusi lebih mungkin mengalami masalah dengan readang sendir. Dan orang-orang dengan rheumatoid arthritis (radang sendi) lebih cenderung memiliki penyakit gusi. Satu-satunya masalah adalah, kita tidak tahu yang mana yang saling menyebabkannya, atau apakah itu hubungan yang saling menguatkan, seperti diabetes.

Radang Sendi dan Kesehatan Gusi- Global Estetik Dental Care
Radang Sendi dan Kesehatan Gusi- Global Estetik Dental Care

Berdasarkan studi awal yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan rheumatoid arthritis lebih cenderung memiliki penyakit gusi, diduga bahwa radang sendir dapat menyebabkan penyakit gusi. Ada banyak penjelasan terukur untuk ini.

Pasien dengan rheumatoid arthritis mungkin memiliki waktu yang lebih sulit dalam menyikat gigi mereka. Ini meningkatkan jumlah plak dan bakteri, dan karena itu penyakit gusi. Selain itu sindrom Sjögren adalah kejadian umum pada pasien dengan radang sendi. Penyakit autoimun terkait ini menghasilkan produksi air liur yang lebih sedikit, yang meninggalkan mulut dengan sedikit perlindungan terhadap infeksi bakteri. Beberapa yang lain menduga bahwa obat rheumatoid arthritis adalah masalahnya. Obat-obatan ini menghasilkan supresi sistem kekebalan tubuh, yang mungkin membuatnya lebih rentan terhadap penyakit gusi.

Bagaimana Penyakit Gusi Dapat Berkontribusi pada Rheumatoid Arthritis

Bagian lain dari cerita itu membutuhkan waktu lebih lama untuk mengetahuinya. Baru belakangan ini kita mengetahui bahwa jenis bakteri mulut tertentu, Porphyromonas gingivalis, menciptakan protein yang menyebabkan beberapa protein dalam tubuh berubah.

Bagi orang-orang tertentu, perubahan ini dapat memicu respons kekebalan terhadap protein yang berubah, yang terjadi tidak hanya di mulut sebagai bagian dari penyakit gusi, tetapi di tempat lain di tubuh juga. Dengan kata lain, begitu sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi protein yang berubah dengan infeksi bakteri, ia mulai menyerang struktur sehat yang normal yang juga mengandung protein yang diubah.

Radang Sendi dan Kesehatan Gusi- Global Estetik Dental Care
Radang Sendi dan Kesehatan Gusi- Global Estetik Dental Care

Kabar baiknya adalah mengendalikan infeksi bakteri dapat membantu menurunkan respons kekebalan tubuh. Ini berarti bahwa perawatan penyakit gusi dapat menyebabkan lebih sedikit masalah dengan randang sendi. Para peneliti masih belum memahami semua koneksi antara penyakit gusi dan kondisi sistemik seperti rheumatoid arthritis, tetapi yang semakin kita pahami adalah menjaga kesehatan mulut bukan hanya untuk menjaga gigi, tetapi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat