Punya Masalah Mulut Kering? Atasi Dengan Enam Cara Ini

klinik gigi depok

Global Estetik – Jika mulut kering, Anda mungkin merasa seolah-olah mulut seperti penuh dengan kapas. Terkadang pilek biasa bisa menyebabkan mulut kering. Penyebab lainnya adalah pengaruh dari obat-obatan yang Anda konsumsi, terapi kanker dan kondisi kesehatan seperti depresi, stroke atau diabetes.

Jika mulut kering parah, Anda mungkin menemukan kelegaan setelah membasahi dengan air liur buatan. Jika kondisi mulut kering tidak terlalu mengganggu, Anda mungkin bisa mengobati kekeringan mulut di rumah, secara alami. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips dibawah ini untuk mengatasi mulut kering yang mengganggu:

Langkah 1

Minum air. Mengkonsumsi air sepanjang hari dapat membantu menjaga selaput lendir Anda lembap. Jika Anda tidak menyukai air, pilih minuman bebas gula lain untuk diminum secara teratur.

Langkah 2

Berkonsentrasi pada pernapasan melalui hidung Anda. Bernafas melalui mulut Anda dapat membuat mulut kering. Jika hidung Anda penuh sesak, obati hidung tersumbat dengan menghirup uap dari pancuran air panas atau menggunakan tetes garam dan kemudian tiupkan hidung Anda dengan baik. Bernafas melalui hidung lebih menyehatkan, daripada bernafas melalui mulut.

Masalah Mulut Kering- Global Estetik Dental Care
Masalah Mulut Kering- Global Estetik Dental Care
Langkah 3

Gunakan humidifier di kamar Anda, terutama di malam hari. Humidifier merupakan alat yang mengeluarkan kabut dingin dan dapat membantu menjaga mulut tetap lembab, serta membantu meredakan hidung tersumbat, yang dapat memperburuk mulut kering Anda.

Langkah 4

Pilih makanan yang lembab. Jika Anda ingin memakan sesuatu yang kering, pertimbangkan untuk membasahi dengan kuah kaldu atau saus. Pilih makanan yang tidak mengandung panas berlebih.

Langkah 5

Mengisap permen bebas gula atau mengunyah permen karet bebas gula dapat merangsang produksi air liur. Jangan menghisap atau mengunyah produk yang mengandung gula, karena gula ditambah dengan air ludah yang tidak memadai dapat membuat Anda berisiko untuk mengakibatkan gigi berlubang.

Langkah 6

Buat perubahan gaya hidup, jika perlu. Hindari minuman berkafein, karena bisa membuat mulut kering. Selain itu, Alkohol dan tembakau juga bisa membuat mulut kering lebih buruk, jadi kurangi minum dan merokok atau berhenti.

Jika mulut kering terjadi setelah Anda mulai minum obat baru, bicaralah dengan dokter gigi Anda. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin dapat memberi Anda resep yang berbeda. Beberapa obat yang dijual bebas dapat menyebabkan kekeringan mulut termasuk antihistamin dan dekongestan.  Jadi, mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk menghindari terjadinya mulut kering yang dapat membuat Anda kesusahan sepanjang hari.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat