Global Estetik – Apakah Anda merasakan sedikit ketidaknyamanan ketika Anda mengunyah es? atau sebuah rasa sakit luar biasa setelah seteguk kopi panas? itu artinya Anda memiliki gigi sensitif. Gigi menjadi sensitif ketika saraf terpapar, karena gigi retak, karena enamel telah luntur atau karena gusi telah surut. Makanan tertentu dapat membuat masalah ini menjadi rumit dan memperberat sensitivitas gigi. Dokter gigi Anda dapat merancang rencana perawatan untuk membantu mengatasi gigi sensitif Anda. Untuk itu, ada beberapa hal khusus yang sebaiknya Anda jaga untuk menghindari gigi sensitif yang berkepanjangan:

Suhu

Cairan panas seperti sup, kopi, dan teh dapat menyebabkan rasa sakit, jika Anda memiliki gigi sensitif. Demikian juga, makanan yang sangat dingin seperti es krim dan minuman dingin mungkin juga berkontribusi memberikan rasa sakit. Jika Anda tidak ingin menghindari hal-hal ini, Anda dapat mencoba mengkonsumsi makanan dan minuman panas melalui sedotan untuk meminimalkan kontak dengan gigi.

Baca Juga :  Menggunakan Ekstrak Teh Hijau untuk Mengurangi Efek Gigi Sensitif
Asam

Makanan yang mengandung asam seperti lemon, limun, minuman ringan, dan acar vinegary dapat menghilangkan enamel gigi dan berkontribusi terhadap sensitivitas gigi. Hindari makanan ini jika Anda memiliki gigi sensitif, karena mereka bisa membuat masalah lebih buruk. Asam dari refluks lambung juga dapat menyebabkan kepekaan. Jika Anda menderita refluks lambung, hindari makanan yang memperberat refluks Anda.

Gigi Sensitif- Global Estetik Dental Care

Gigi Sensitif- Global Estetik Dental Care

Makanan Keras

Makan makanan yang sangat keras dapat memecahkan gigi dan menyebabkan kepekaan, atau memperburuk masalah pada gigi yang sudah sensitif. Jangan mengunyah permen keras dan hindari makan es. Tidak hanya dapat menyebabkan rasa sakit dingin, tetapi es itu sendiri. Selain itu, makanan yang sangat lengket seperti karamel juga bisa menyebabkan rasa sakit dengan gigi sensitif.

Baca Juga :  Lika-Liku Gigi Sensitif dan Berbagai Perawatan yang Tersedia
Penanganan gigi sensitif

Dokter gigi dapat memeriksa gigi Anda dan membantu menentukan penyebab masalah. Jika gusi Anda surut, Anda perlu perawatan untuk penyakit gusi. Jika makanan asam dalam makanan Anda memudarkan enamel, Anda harus mengubah kebiasaan makan Anda. Menggunakan pasta gigi yang dibuat untuk gigi sensitif, bersama dengan sikat gigi berbulu lembut, dapat membantu mengurangi kepekaan.

Dokter gigi pilihan Anda juga dapat meresepkan menggunaka fluoride. Fluoride membantu membangun enamel gigi dan dapat menghilangkan kepekaan. Anda mungkin perlu menemui dokter, jika Anda memiliki masalah medis seperti gastric reflux atau bulimia yang dapat menghilangkan enamel pada gigi Anda dan menyebabkan masalah lainnya.