Prosedur Sinus Lift – Persiapan dan Selama Operasi

dokter gigi jakarta

Global Estetik – Setelah fase pertama kita telah mengetahui mengapa sinus lifting perlu dilakukan dan resiko dari prosedur tersebut, kini kita akan masuk menuju tahap penting mengenai persiapan operasi dan selama prosedur berlangsung.

Tahap Persiapan

Tulang yang digunakan dalam lift sinus bisa berasal dari tubuh anda sendiri (tulang autogenous), dari cadaver (tulang alogenik) atau dari tulang sapi (xenograft). Jika tulang anda sendiri yang akan digunakan dalam prosedur sinus lift ini maka ia akan diambil dari daerah lain dari mulut atau tubuh anda. Dalam beberapa kasus, ahli bedah mengambilnya dari tulang dari pinggul atau tibia (tulang di bawah lutut).

Anda akan memerlukan sinar-X yang diambil sebelum mengangkat sinus anda sehingga dokter gigi dapat mempelajari anatomi rahang dan sinus anda. Anda juga mungkin memerlukan jenis pemindaian tomografi (CT) khusus. Pemindaian ini akan memungkinkan dokter gigi untuk secara akurat mengukur tinggi dan lebar tulang yang ada dan untuk mengevaluasi kesehatan sinus anda. Jika Anda memiliki alergi musiman, anda harus menjadwalkan prosedur ini ketika alergi ada sedang tidak aktif.

Prosedur Inti

Dokter bedah akan memotong jaringan gusi dimana gigi belakang anda. Jaringan tersebut diangkat, sehingga memperlihatkan tulang. Jendela kecil oval akan dibuka di tulang. Membran yang melapisi sinus di sisi lain jendela memisahkan sinus dari rahang anda. Membran ini dengan lembut didorong ke atas dan menjauh dari rahang anda.

Baca Juga :  Implan Gigi Mahal Karena Ini... - Part 1

Butiran bahan graft tulang kemudian dikemas ke dalam ruang dimana sinus berada. Jumlah tulang yang digunakan akan bervariasi, namun biasanya beberapa milimeter tulang ditambahkan di atas rahang.

Begitu tulang berada di tempat, jaringan ditutup dengan jahitan. Implan anda akan ditempatkan empat sampai sembilan bulan kemudian. Hal ini memungkinkan waktu untuk bahan yang dicangkokkan untuk menyatu dengan tulang anda. Jumlah waktu tergantung dari jumlah tulang yang dibutuhkan.

Setelah Prosedur

Setelah prosedur, Anda mungkin mengalami pembengkakan di area tersebut. Anda mungkin akan mengalami pendarahan dari mulut atau hidung anda. Jangan meniup hidung atau bersin secara paksa. Aksi ini bisa menyebabkan bahan cangkok tulang bergerak, dan melonggarkan jahitannya.

Baca Juga :  Rahang Bunyi "Klik" dan "Pop", TMJ Tuu...

Dokter gigi anda mungkin memberi anda semprotan garam untuk menjaga lapisan dalam hidung anda tetap basah dan meresepkan obat untuk mencegah pembengkakan. Anda juga akan diberi obat sakit, antibiotik dan obat kumur antimikroba untuk membantu mencegah infeksi. Sebagian besar pasien hanya mengalami sedikit ketidaknyamanan setelah prosedur sinus lifting ini.

Beberapa spesialis telah mulai menggunakan protein berjenis faktor pertumbuhan untuk membantu tulang baru mengeras lebih cepat. Plasma kaya trombosit, yang mengandung faktor pertumbuhan, diambil dari darah anda sebelum dioperasi dan dicampur dengan graft yang dimasukkan ke sinus. Protein morfogenetik tulang rekombinan manusia adalah protein rekayasa yang sekarang tersedia. Bahan ini merangsang pembentukan tulang tanpa mencangkok.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat