Praktek Untuk Dermaroller

globalestetik.com – Untuk mengatasi masalah bekas jerawat yang tak kunjung hilang, perawatan dermaroller dilakukan dengan menggunakan roller kecil. Roller ini dilengkapi dengan jarum yang sangat kecil. Kemudian roller ini berjalan di permukaan wajah atau di bagian yang diinginkan. Biasanya untuk bekas jerawat atau luka yang dalam.

Jarum kecil di roller ini “merusak” kulit, merangsang produksi kolagen dan pembaharuan kulit. Luka di permukaan kulit wajah juga menjadi tempat masuknya serum kulit. Jadi bisa dibilang perawatan dermaroller jenis ini dilakukan dengan terlebih dahulu merusaknya untuk merangsang kulit sebelum akhirnya kulit beregenerasi.

Jangan lakukan  perawatan dermaroller di mana saja atau bahkan di rumah karena takut tidak steril. Perawatan dermaroller sebaiknya dilakukan di klinik bersama dokter atau ahli kecantikan profesional. Dengan cara ini, risiko iritasi dan penyebaran berbagai penyakit yang tidak diinginkan dapat dicegah.

Praktek Untuk Dermaroller

Praktek Untuk Dermaroller

Proses Dermaroller Dilakukan

Praktek Untuk Dermaroller –  Sebelum perawatan dermaroller, oleskan krim anestesi ke kulit wajah Anda dan biarkan selama satu jam. Rol microneedle kemudian dilewatkan ke permukaan kulit beberapa kali hingga permukaannya kemerahan dan meneteskan darah. Wajah kemudian ditutup dengan krim restoratif (biasanya berupa serum) agar kulit wajah yang rusak dapat sembuh kembali.

 

Manfaat Dermaroller

Praktek Untuk Dermaroller – Manfaat dermal roller ini untuk mengatasi masalah kulit, efek dermal roller dapat membuat kulit awet muda dan terbebas dari masalah kulit. Jika digunakan secara rutin pada kulit wajah, manfaat perawatan dermaroller adalah sebagai berikut:

  • Mampu menyamarkan bekas jerawat
  • Mengurangi kerutan di wajah serta garis-garis halus 
  • flek hitam di wajah tersamarkan 
  • Kulit akan terus meregenerasi
  • Mampu mengecilkan pori-pori 
  • Mengencangkan kulit 
  • Mengurangi kapasitas minyak di wajah
  • Stretch marks tersamarkan

Namun, jika Anda melakukan perawatan dermaroller di rumah, mungkin perlu waktu lebih lama untuk melihat manfaatnya. Hal ini karena prosedur yang dilakukan dokter menggunakan dermaroller khusus dengan jarum yang lebih panjang untuk hasil yang lebih cepat. Meski begitu, efek dermal roller tetap bisa membantu merawat kulit jika Anda menggunakan alat ini di rumah.

Pada umumnya jarum dermaroller yang ada di pasaran lebih pendek dari alat yang digunakan dokter di klinik kecantikan. Jika Anda ingin menggunakan derma roller sendiri di rumah, pilihlah ukuran jarum di bawah 0,15 mm untuk menghindari efek samping yang serius.

 

Bagaimana cara pakai dermaroller di rumah yang aman?

Praktek Untuk Dermaroller – Anda benar-benar bisa menggunakan dermaroller yang ada di rumah. Namun, menggunakan dermaroller di rumah tidak boleh sembarangan. Pasalnya, tidak semua orang bisa menggunakan dermaroller sendiri. Jika Anda tidak aman, teliti, dan hati-hati saat menggunakan alat ini, kulit Anda bisa menjadi lebih bermasalah.

Berikut merupakan beberapa cara pakai dermaroller di rumah yang aman dilakukan :

#1. Alat Dermaroller harus dibersihkan

Sebelum menggunakan derma roller sendiri, pastikan untuk membersihkan alat ini. Caranya adalah dengan merendam dermaroller dalam wadah berisi alkohol isopropil 70% selama 5-10 menit untuk mensterilkan alat sekaligus menghilangkan bakteri dan kuman yang mungkin menempel pada alat. Kemudian keringkan derma roller dengan handuk bersih.

#2. Cuci muka sampai bersih

Sebelum menggunakan derma roller, Anda harus membersihkan wajah Anda. Cuci muka terlebih dahulu sebelum menggunakan derma roller. Dengan penggunaan derma roller, proses pembersihan wajah juga harus dimulai. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci muka dengan pembersih wajah yang lembut dan air hangat. Jika Anda menggunakan Derma Roller di malam hari, sebaiknya lakukan double cleansing untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan sisa make up di siang hari.

  1. Pakailah dulu produk skincare

Gunakan produk perawatan kulit atau produk perawatan kulit yang biasa Anda gunakan. Misalnya essence, serum wajah, masker, pelembab atau produk perawatan kulit lainnya. Dipercaya bahwa menggunakan produk perawatan kulit sebelum menggunakan dermal roller akan secara efektif membantu produk perawatan kulit terserap ke dalam kulit.

#3. Gerakkan dermaroller dengan benar 

Praktek Untuk Dermaroller – Kunci untuk menggunakan dermaroller di rumah adalah dengan menggerakkannya di sepanjang permukaan wajah Anda. Untuk kenyamanan, area wajah dapat dibagi menjadi empat bagian: kanan atas, kanan bawah, kiri atas, dan kiri bawah. Kemudian, gerakkan rol kulit ke arah yang sama (vertikal atau horizontal) di atas salah satu area kulit. Gerakkan rol kulit 12-16 kali di setiap sisi. Gerakkan rol kulit ke arah yang sama di atas kulit.

Gerakkan derma roller dengan lembut ke arah yang sama. Setelah Anda menyelesaikan seluruh area kulit, Anda dapat mengulangi sisi yang sama ke arah lain. Misalnya, jika sebelumnya Anda memindahkan derma roller secara vertikal, sekarang pindahkan secara horizontal. Perhatian harus diberikan saat menggerakkan rol kulit di area kulit hidung dan area bibir atas. Lebih aman untuk menghindari area di sekitar mata karena dapat menyebabkan cedera.

#4. Bilas wajah dengan bersih, lau  pakai produk skincare lagi

Saat pengaplikasian derma roller sendiri selesai, cuci muka dengan air bersih. Lalu keringkan wajah dengan handuk kering yang bersih dan lembut. Setelah itu Anda dapat menggunakan kembali produk perawatan kulit yang berbeda, mis. B. serum wajah atau produk perawatan kulit yang berfungsi sebagai pelembab atau mencegah penuaan kulit. Beginilah manfaat derma roller.

Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C (pilih ascorbic acid atau sodium ascorbyl phosphate), niacinamide atau hyaluronic acid. Oleskan sunblock atau tabir surya di pagi atau sore hari, karena kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari setelah menggunakan dermaroller. Tidak disarankan menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, tretinoin, dan bahan pengelupas lainnya. Manfaat dermal roller biasanya bergantung pada usia dan kekenyalan kulit Anda.

Saat Anda menggunakan derma roller untuk mengurangi tanda-tanda penuaan atau bekas jerawat, perlu waktu berbulan-bulan sebelum Anda melihat perbedaannya.

#5. Setelah perawatan, bersihkan kembali alat dermaroller

Setelah selesai menggunakan dermaroller, bersihkan alat ini dengan sabun cuci piring cair. Alasannya adalah sabun cuci piring lebih mudah melarutkan protein dari kulit dan darah dibandingkan dengan alkohol cair. Kamu bisa membuat sabun cuci piring di mangkuk lalu gerakkan roller agar permukaannya bersih. Kemudian rendam dermaroller dalam wadah berisi alkohol isopropil 70% selama 10 menit.

Merendam derma roller sebelum dan sesudah digunakan dapat mencegah permukaannya terkontaminasi bakteri berbahaya. Jika demikian, keringkan rol kulit dan simpan kembali di tempat penyimpanannya. Rol kulit harus diganti setelah penggunaan rutin 10-15 kali untuk menghindari iritasi kulit dan kusam. Sebaiknya tidak berbagi penggunaan derma roller dengan orang lain karena berisiko menyebarkan penyakit seperti infeksi kulit, HIV dan lain-lain.

 

Adakah efek samping ketika menggunakan dermaroller?

Praktek Untuk Dermaroller – Beberapa efek samping dermaroller yang mungkin timbul, di antaranya kulit jadi memerah selama beberapa jam, sensasi rasa terbakar di kulit, pembengkakan ringan, sensasi wajah seperti berdenyut atau ada sirkulasi darah yang berjalan. Di samping itu, Anda mungkin juga mengalami erythema (kemerahan) selama 2-3 hari, serta kulit mengelupas. 

Jika Anda mengalami kulit mengelupas, sebaiknya jangan mencabut kulit. Sebab, pengelupasan kulit akan terjadi secara alami. Apabila Anda baru menggunakan dermaroller pertama kali, gunakan seminggu sekali untuk melihat reaksi yang timbul pada kulit. Jika tidak ada efek samping dermaroller yang timbul, Anda bisa meningkatkan frekuensi pemakaian menjadi 2-3 kali dalam seminggu. 

Kendati demikian, sesuaikan kembali dengan kondisi kulit Anda. Jangan menggunakan dermaroller setiap hari karena proses penyembuhan kulit membutuhkan waktu. Orang-orang dengan kondisi tertentu, seperti eksim, psoriasis, rosacea, kulit terbakar matahari (sunburn), peradangan kulit, dan masalah pembekuan darah atau sedang menggunakan pengobatan tertentu sebaiknya tidak melakukan perawatan ini karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping serius.

 

 

 

Klinik Kecantikan Global Estetik Hubungi https://wa.me/6285771452584