PRAKTEK LASER MELASMA

globalestetik.comLaser merupakan suatu sumber cahaya koherien monokromatik dengan intensitas tinggi yang bisa digunakan untuk pengobatan berbagai kondisi dermatologis tergantung pada panjang gelombang, karakteristik denyut nadi, dan juga kelancaran laser yang dipakai dan sifat kondisi yang sedang dirawat. Selain itu, cahaya inkoheren dan multikromatik intensitas tinggi juga bisa dipakai untuk indikasi serupa.

Melasma merupakan beberapa bercak yang berwarna kecoklatan atau bisa lebih gelap jika dibandingkan dengan warna kulit. Melasma pada umumnya timbul pada kulit wajah dan biasanya sering dialami oleh wanita terutama pada ibu hamil. Melasma merupakan suatu kondisi yang tidak berbahaya dan bisa memudar dengan sendirinya atau dengan menggunakan bantuan pengobatan dari dokter.

Praktek Laser Melasma

Praktek Laser Melasma

Penyebab Melasma

Praktek Laser Melasma – Melasma terjadi dikarenakan kulit yang membentuk melanin lebih banyak pada area tertentu. Kelebihan melanin ini bisa membuat bercak kecoklatan atau lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit. Pembentukan melanin yang berlebih ini bisa muncul karena beberapa faktor yaitu diantaranya:

  1. Adanya faktor genetik
  2. Paparan sinar matahari secara langsung
  3. Hormonal terutama saat hamil, menggunakan kontrasepsi hormonal atau menjalani terapi hormonal
  4. Punya penyakit tiroid
  5. Stres
  6. Pemakaian produk perawatan kulit dan kosmetik yang mengandung pewangi
  7. Paparan sinar ultraviolet dari alat untuk menggelapkan kulit atau biasa disebut dengan tanning bed
  8. Penggunaan pada beberapa obat-obatan tertentu contohnya obat anti kejang, antibiotik, obat anti inflamasi nonsteroid, dan retinoid

 

Gejala Melasma

Praktek Laser Melasma – Melasma biasanya ditandai dengan munculnya bercak berwarna kecoklatan yang muncul pada dahi, pipi, hidung, dan dagu. Walaupun jarang terjadi namun bercak tersebut dapat timbul di leher, lengan, atau bahkan pada punggung tangan. Selain bercak kecoklatan pada kulit, melasma juga sebenarnya tidak menimbulkan keluhan lain seperti sensasi terbakar, nyeri, atau gatal. Walaupun demikian, melasma bis saja mengganggu seseorang dalam berpenampilan dan bisa menimbulkan kurangnya rasa percaya diri.

 

Pencegahan Melasma

Praktek Laser Melasma – Pada beberapa kasus, kasus melasma sulit untuk dicegah terutama jika disebabkan karena faktor genetik dan kehamilan. Namun tetap disarankan untuk selalu menjaga kesehatan kulit ungtuk mengurangi resiko terjadinya melasma. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan pakaian lengan panjang, topi, kacamata hitam, dan mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih
  2. Memilih produk perawatan kulit yang mempunyai tekstur yang lembut dan tanpa pewangi tentunya
  3. Menghindari perawatan kulit dengan cara tanning bed
  4. Mengkonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan kulit dan memakan makanan dengan sumber vitamin D seperti ikan laut, jamu, susu, dan telur
  5. Melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penggunaan kontrasepsi hormonal

 

Pengobatan Melasma Dengan Laser

Praktek Laser Melasma – Beberapa produk skin care yang ditawarkan untuk menghilangkan atau minimal memudarkan melasma tapi itu semua tidak bisa memberikan hasil yang cepat dan tidak semua cocok pada jenis kulit tertentu. Energi sinar yang terkonsentrasi dari laser nantinya akan menargetkan flek dan mampu menghilangkan lapisan demi lapisan dari flek tersebut. Sinar laser tidak akan merusak bagian yang lain karena sinar tersebut dibuat untuk fokus menyerap pigmen gelap saja.

Pada umumnya terapi laser merupakan salah satu cara untuk mengatasi melasma dan cukup efektif. Namun perlu diketahui terapi laser ini tidak bisa terlihat hanya dengan satu kali tindakan saja melainkan baru bisa hilang sekitar 2 sampai 5 kali tindakan tergantung pada kondisi melasma yang terjadi pada masing-masing pasien.

Laser merupakan perawatan yang cukup populer. Manfaat laser sendiri bisa mengatasi beberapa macam permasalahan yang ada pada kulit.

 

Efek Samping Penggunaan Laser Melasma

Praktek Laser Melasma – Pada terapi ini tentunya tetap akan ada efek sampingnya contohnya seperti kemerahan pada kulit dan terjadi pembengkakan. Namun kedua efek samping tersebut biasanya hanya bertahan dalam beberapa hari saja. Biasanya nanti kulit bisa seperti berpasir atau mengelupas. Pada keadaan ini merupakan hasil pengelupasan lapisan kulit yang mempunyai pigmen kehitaman.

Ada baiknya untuk tetap berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan terapi laser melasma ini khususnya untuk pemilik kulit yang sensitif. Hal ini bertujuan untuk mencegah efek samping yang bisa muncul lebih parah. 

Pada umumnya pasien akan merasakan hasil positif dari terapi laser melasma ini sekitar satu minggu setelah melakukan tindakan. Hasilnya adalah kulit bisa terasa lebih kenyal dan semakin cerah. Penggunaan laser ini tidak hanya untuk mengatasi melasma yang merupakan komponen pigmen tetapi juga pada pembuluh darah yang bisa membuat melasma membandel dan tidak sembuh-sembuh. Biasanya laser ini akan membuat pembuluh darah di melasma akan mengerut.

 

Sebelum Melakukan Laser Melasma

Praktek Laser Melasma – Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dilakukan dokter kepada pasien yang akan melakukan perawatan laser yaitu diantara sebagai berikut:

#1. Mengecek riwayat kesehatan pasien

Biasanya dokter akan bertanya perihal kondisi kesehatan pada pasien juga bertanya tentang riwayat konsumsi obat baru-baru ini.

#2. Melakukan pemeriksaan secara fisik

Dokter biasanya akan memeriksa kondisi kulit pasien dan area kulit yang akan dilakukan perawatan maka dari itu dokter dapat mengetahui warna dan ketebalan kulit pasien supaya bisa menentukan laser wajah yang akan dilakukan

#3. Diskusi

Hal ini bisa mencakup pada berapa lama waktu yang dibutuhkan, hasil, hingga ke efek samping yang akan ditimbulkan

 

 

 

Klinik Kecantikan Global Estetik Hubungi https://wa.me/6285771452584