Praktek IPL Acne

globalestetik.comJerawat merupakan gangguan pada kulit, keadaan ini berhubungan dengan dengan produksi minyak atau sebum yang terjadi secara berlebihan. Minyak yang berlebih ini dapat menyumbat pori-pori kulit. Pada setiap pori-pori kulit ada folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Jerawat juga bisa muncul saat folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Hal tersebut bisa mengakibatkan peradangan dan penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini bisa dilihat dengan timbulnya benjolan kecil yang terkadang bisa berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini bisa terjadi pada bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak yaitu pada bagian wajah, leher, bagian atas dada, punggung. Hal ini atau benjolan inilah yang biasa dinamakan dengan jerawat.

Praktek IPL Acne

Praktek IPL Acne

Gejala Jerawat

Praktek IPL Acne – Jerawat yang muncul juga bisa ditandai oleh beberapa gejala umum yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya benjolan berwarna kemerahan atau kuning karena mengandung nanah
  2. Muncul benjolan kecil atau papul di atas kulit
  3. Timbul rasa sensasi panas atau terbakar karena adanya peradangan
  4. Muncul rasa gatal pada benjolan
  5. Jerawat bisa mengalami peradangan jika sering disentuh atau bahkan dipecahkan secara paksa
  6. Pusula yang merupakan benjolan kecil yang diujungnya ada nanah
  7. Papula yang merupakan benjolan kecil kemerahan yang disertai dengan rasa nyeri
  8. Nodul yang merupakan benjolan keras yang terdapat pada bawah permukaan kulit dan disertai dengan rasa nyeri
  9. Kista yang merupakan suatu benjolan besar dan terbentuk di bawah permukaan kulit yang berisi nanah

Permasalahan jerawat yang ada pada wajah bisa menjadi hal yang memusingkan bagi seseorang karena dalam situasi tatap muka atau saat berinteraksi maka wajah merupakan bagian tubuh yang pertama kali dilihat oleh lawan bicara. Setiap orang yang memiliki jerawat pasti menginginkan wajah yang bersih dan bebas dari jerawat maka dari itu bisa dianjurkan untuk melakukan perawatan dengan metode IPL. 

 

Definisi IPL

Praktek IPL Acne – IPL atau singkatan dari intense pulsed light yang merupakan suatu jenis terapi perawatan kulit yang menggunakan cahaya lampu xenon. Cara ini menggunakan cahaya dengan gelombang berintensitas tinggi untuk memperbaiki permasalahan kulit yaitu seperti perontokkan bulu, garis dan kerutan wajah, noda hitam penuaan, bekas luka, serta pada permasalahan jerawat.

Banyak yang mengatakan bahwa terapi IPL ini hampir sama dengan laser padahal kenyataannya tidak sama. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari luasan fokusan cahaya. Laser biasanya hanya berfokus pada satu panjang gelombang saja sedangkan IPL bisa lebih menyebar.

Terapi IPL ini memakai energi cahaya yang bisa diarahkan langsung ke area yang diinginkan. Cahaya ini dapat berubah menjadi energi panas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian tertentu. Ipl juga akan mengirimkan banyak gelombang setiap kali mengeluarkan cahaya maka dari itu dalam terapi ini biasanya digunakan filter yang bertujuan untuk memperbaiki keluaran cahaya sehingga target kulit yang disasar tidak meleset.

 

Manfaat IPL Untuk Jerawat

Praktek IPL Acne – Pada perawatan ini biasanya dilakukan selama 20 sampai 30 menit setiap kali perawatan tergantung pada banyaknya kulit yang bermasalah. Jumlah dalam berapa kali perawatannya pun juga bergantung pada kondisi dari masing-masing pasien. Ada yang hanya melakukan 2 kali perawatan namun jerawat sudah hilang dan ada juga yang sampai membutuhkan waktu beberapa kali. Selain itu juga pasien perlu menjaga pola hidup sehari-hari supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Pada umumnya manfaat IPL ini bagi jerawat adalah untuk mematikan bakteri dari beberapa penyebab keluhan dan juga bisa mengatasi peradangan karena jerawat.untuk memperoleh hasil yang maksimal maka harus bersabar dalam menjalani perawatan ini dan juga harus bersiap terhadap efek samping yang diberikan setelah melakukan perawatan IPL ini.

Kenyataannya, perawatan ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dengan paparan sinar matahari secara langsung dan bisa menimbulkan bercak hitam pada beberapa area yang berjerawat. Namun tidak perlu kuatir karena biasanya dokter akan memberikan beberapa obat yang bisa membantu menyembuhkan dan bia digunakan di rumah.

 

Apakah IPL Aman Untuk Dilakukan?

Praktek IPL Acne – Pada umumnya, perawatan IPL ini aman untuk dilakukan. Metode ini biasanya hanya dilakukan oleh dermatologi, dokter, dan tenaga kesehatan profesional. Sebelum melakukan IPL acne tentunya perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau dermatologi untuk menentukan metode yang tepat untuk dilakukan khususnya jika sedang hamil atau menyusui, memiliki kondisi kulit tertentu, atau sedang mengkonsumsi obat-obatan maka perlu mempertimbangkan perawatan IPL acne ini.

Beberapa kondisi yang perui dipertambangkan kembali ketika ingin melakukan perawatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Sensitif terhadap paparan sinar matahari
  2. Baru melakukan tanning pada kulit
  3. Mempunyai resiko tinggi pada kanker kulit
  4. Sedang memakai retinol
  5. Mempunyai warna kulit sangat gelap
  6. Mempunyai bekas luka yang sangat dalam
  7. Mempunyai bekas luka seperti keloid
  8. Mempinyai riwayat infeksi virus tipe HSV sebelumnya

Setelah melakukan prosedur ini maka akan timbul efek samping dari cahaya yang ditembakkan seperti kemerahan dan muncul iritasi. Keadaan ini akan berlangsung kurang lebih selama 1 sampai 2 hari. Berikut ini merupakan beberapa efel samping yang akan ditimbulkan adalah:

  1. Muncul memar
  2. Melepuh
  3. Terjadi perubahan pada warna kulit
  4. Timbul infeksi

Namun jika efek samping yang timbul tidak segera membaik maka segeralah untuk berkonsultasi kembali dengan dokter atau dermatologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Hasil Perawatan IPL

Praktek IPL Acne – Perawatan IPL biasanya akan berlangsung selama 20 sampai 30 menit tergantung dari permasalahan dan besarnya daerah yang bermasalah. Jika menginginkan hasil yang optimal maka disarankan untuk melakukan perawatan IPL lebih dari 1 kali yakni sekitar 3 sampai 6 kali. Jika baru pertama kali melakukan perawatan ini mungkin akan bisa melihat perbedaan yang cukup signifikan baik pada kondisi dan juga warna kulit, tetapi hal ini akan disempurnakan dan peremajaan bisa terjadi setelah beberapa kali sesi telah dilakukan. Maka dari itu, terapi IPL ini merupakan perawatan yang memerlukan ketelatenan supaya bisa memperoleh hasil yang optimal dan kulit bisa terbebas dari jerawat.

 

 

 

Klinik Kecantikan Global Estetik Hubungi https://wa.me/6285771452584