Potensi Riset Sel Induk dan Dampaknya pada Perkembangan Perawatan Kesehatan Gigi – Part 1

klinik gigi depok

Potensi Riset Sel Induk dan Dampaknya pada Perkembangan Perawatan Kesehatan Gigi – Part 1

Global Estetik – Sel punca atau sel induk adalah blok pembangun utama kehidupan manusia. Kemajuan dalam penelitian sel induk membawa obat kita lebih dekat dan lebih dekat ke hari ketika kita akan dapat menggunakan terapi yang digerakkan sel untuk menyerang penyakit atau memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Dalam beberapa kasus, sel-sel induk digunakan dalam uji-uji medis untuk memperbaiki maslah akibat kerusakan akibat penuaan, seperti kerusakan pada sendi atau gigi.

Di sisi lain, dokter, dokter gigi dan peneliti medis menggunakan sel induk untuk menumbuhkan kembali organ atau tulang. Ada penelitian gigi yang ekstensif di kedua jalur ini untuk memahami bagaimana sel induk dapat membantu kita satu hari untuk memperbaiki kerusakan pada gigi dan gusi, atau bahkan menumbuhkan kembali tulang rahang pasien yang kehilangan massa dari tulang rahang karena masalah kanker, cedera traumatis atau cacat dalam perkembangan.

Apa itu Sel Induk?

dokter gigi depokSel induk manusia datang dalam dua jenis: sel induk embrio dan dewasa. Sel induk embrionik dapat menjadi semua jenis sel dalam tubuh, yang berarti mereka berpotensi majemuk. Sel induk dewasa umumnya dianggap terbatas dalam bentuk mereka dapat dibedakan (ke otot, saraf atau tulang, misalnya), meskipun para ilmuwan masih mencari cara untuk bekerja dengan sel induk dewasa yang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis jaringan. Kemampuan ini, yang pertama kali ditemukan pada tahun 2006, disebut induced pluripotent stem cells.

Sel-sel berpotensi majemuk ini secara genetik direkayasa kembali ke keadaan embrionik mereka. Meskipun penelitian pada sel-sel ini berusia kurang dari satu dekade, para ilmuwan telah mulai menggunakan sel-sel yang baru ditemukan ini dalam penelitian untuk menciptakan obat. Ada harapan khusus bahwa sel-sel ini dapat membantu dokter yang berspesialisasi dalam pengobatan transplantasi. Terapi yang menggunakan sel pluripoten induced dapat membantu menumbuhkan kembali jaringan yang rusak di sekitar organ yang harus diganti dan juga dapat membantu mengurangi risiko organ ditolak oleh tubuh host baru.

Pertimbangkan contoh ini: Dokter harus mengangkan sebagian rahang pasien untuk mengobati tumor dan kanker. Mereka ingin mentransplantasi material tulang baru ke dalam lubang yang dibuat dengan proses pemindahan. Untuk menumbuhkan tulang, dokter dan dokter gigi dapat mengangkat sel induk berpotensi majemuk dari bagian lain dari tubuh pasien dan mengembalikannya kembali ke keadaan embrionik mereka, yang berarti sel-sel itu dapat menjadi jaringan manusia. Sel-sel ini kemudian diaktifkan sebagai sel-sel tulang rahang.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat