Plus dan Minus Retainer Transparan

Plus dan Minus Retainer Transparan

Global Estetik – Peranti ortodontik gaya Essix juga kadang-kadang disebut sebagai retainer “transparan” karena dibuat menggunakan plastik bening. Mereka mungkin juga disebut sebagai “overlay” retainer karena mereka sepenuhnya menutupi gigi. Retainer jenis pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 1980an.

Proses

peralatan berjenis vakum ini relatif mudah dibuat. Banyak dokter gigi membuat mereka tepat di klinik mereka sendiri.

  • Kesan gigi pasien diambil dan ditransformasikan menjadi gips plester.
  • Sepotong plastik tipis sekitar 0,030 inci, kemudian dipanaskan dan menggunakan unit vakum disedot ke bawah mold bentukan yang diambil dari kesan gigi pasien (sehingga menciptakan bentuk yang dibutuhkan untuk pasien).
  • Kelebihan plastik dipangkas. Alat bisa saja menutupi semua gigi pasien di lengkung (rahang atas atau bawah) atau hanya beberapa kelompok gigi saja.
Bentuk
Retainer Transparan- Global Estetik Dental Care
Retainer Transparan- Global Estetik Dental Care

Retainer jenis ini terlihat sangat mirip dengan aligners Invisalign®. Tapi apabila aligner mesti diubah setiap beberapa minggu, retainer ini dipakai tanpa batas waktu (sesuai instruksi dokter gigi anda).

Untuk pasien Invisalign®, penggunaan retainer style Essix mungkin merupakan pilihan logis karena mereka sudah terbiasa memakai alat ini. Dan sebenarnya, Align Technology, Inc. (pembuat sistem Invisalign®), memproduksi versi sendiri dari alat Essix yang disebut pengikut Vivera®.

Kelebihan 
  • Saat dipakai, mereka cukup tidak terlihat. Namun, mirip dengan penggunaan Invisalign®, ada tip-off ketika anda sedang menggunakannya. Dan, faktanya, Sawhney (2013) menemukan bahwa hanya 77% pasien yang memakai retainer Essix pada gigi atas mereka menganggap penampilan mereka “baik”.
  • Studi yang sama juga melaporkan bahwa pemakainya merasa bahwa retainer transparan mengganggu kebersihan mulut paling sedikit.
  • Polling ortodontik oleh Pratt (2011) menetapkan bahwa lebih dari separuh responden merasa bahwa kerjasama pasien (peralatan yang dipakai sesuai petunjuk) lebih tinggi pada pengguna retainer transparan vs. Hawley. Namun, studi kedua oleh Pratt (2011) yang mengevaluasi tingkat kepatuhan pasien jangka panjang menemukan bahwa sementara pada awalnya lebih tinggi, penggunaan retainer transparan cenderung menurun tingkat kerjasama pada tingkat yang lebih cepat daripada peralatan Hawley. Dan pada 2 tahun masa pemakaian pemakai retainer jenis ini cenderung berhenti menggunakannya.
Kekurangan
  • Pada beberapa minoritas pasien, retainer jenis ini dapat mengganggu proses berbicara.
  • Transparan Retainer tidak dapat diatur ulang. Dokter gigi anda tidak dapat menggunakannya untuk melakukan penyesuaian atau penyempitan lebih lanjut.
  • Retainer berjenis transparan ini harus diperiksa secara teratur dan diperiksa oleh dokter gigi anda jika ada masalah (koyak, retak, lubang atau kerusakan) telah terdeteksi. Sifat plastiknya yang bisa terdistorsi jika terkena panas (basah atau kering) membuatnya lebih rentan dibanding retainer lainnya

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat