Plus dan Minus Retainer Hawley

klinik gigi depok

Plus dan Minus Retainer Hawley

Global Estetik – Peralatan Hawley adalah kakek dari para retainer. Retainer jenis ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920an. Dan bahkan pada hari ini Retainer Jenis Hawley ini adalah tipe yang paling banyak digunakan untuk menjaga gigi atas. (Valiathan 2010)

Proses Pembuatan
Retainer Hawley- Global Estetik Dental Care
Retainer Hawley- Global Estetik Dental Care

Retainer Hawley memiliki desain yang melibatkan kabel dan jepitan yang berlabuh dalam tubuh plastik yang relatif tebal. Aspek plastik menutupi atap mulut pasien atau bertumpu di sepanjang sisi lidah gigi bawah mereka. Jepitan menggenggam gigi yang dipilih sehingga retainer dapat dilekatkan dengan aman. Kabel “busur” penahan berjalan melintasi sisi depan gigi dan mempertahankan kesejajaran mereka.

Bentuk Penampakan

Fitur yang paling mencolok dari Hawley retainer adalah kabel busur yang membentang di sisi depan gigi pasien. Tubuh plastik dari retainer ini tetap tersembunyi. Terkadang plastik yang digunakan memiliki pilihan warna yang berbeda-beda atau desain yang dapat dipersonalisasi sesuai keinginan pasien.

Kelebihan 
  • Hawley Retainer ini bisa diatur. Itu berarti bisa digunakan untuk lebih menyempurnakan kelurusan gigi anda. Atau, jika anda gagal memakai retainer anda dengan setia, retainer jenis ini bisa disesuaikan sehingga bisa membimbing gigi anda kembali ke tempatnya semula.
  • Hawley Retainer tampaknya memiliki konstruksi yang lebih kuat dibanding retainer jenis transparan bergaya Essix. Tapi seperti yang kita sebutkan di atas, penelitian terbaru menunjukkan bahwa berdasarkan pengalaman pasien, kedua retainer yang dapat dilepas ini memiliki tingkat ketahanan yang sama.
  • Ketika retainer Essix [transparan] harus diganti jika rusak, Retainer jenis Hawley dapat diperbaiki (entah itu kawat atau komponen plastiknya).
Kekurangan
  • Salah satu kelemahan terbesar memakai Hawley adalah penampilannya. Ini memiliki kawat busur yang membentang di sisi depan gigi pemakainya dan sangat jelas bagi orang lain saat retainernya telah aus.
  • Ketebalan badan plastik retainer (terutama di area di belakang gigi depan atas Anda) bisa mengganggu proses berbicara anda. Jika Anda mengalami kesulitan ini, dokter gigi anda setidaknya dapat meminimalkan masalah ini dengan memangkas plastik sehingga setipis mungkin agar tidak lagi mengganggu proses berbicara anda. Setelah melakukan evaluasi terhadap subjek ini, Wan (2017) menyatakan bahwa meskipun distorsi dalam berbicara dapat diidentifikasi pada subjek yang memakai retainer jenis Hawley atau vakum (Essix), perubahan artikulasi lebih jelas terjadi pada kelompok yang memakai Hawley retainer.
  • Mengenakan apapun di mulut anda akan mengakibatkan mulut untuk memproduksi ekstra saliva. Karena, untuk tubuh kita, memiliki sesuatu di mulut kita biasanya merupakan tanda bahwa makanan akan datang. Jadi, sebagai tanggapan terhadap penggunaan retainer anda, mulut akan mulai menghasilkan air liur ekstra yang dirasa perlu untuk “makanan” yang akan datang. Ini bukan masalah bagi kebanyakan orang. Dan seiring waktu, tubuh anda akan kembali normal karena menyadari bahwa air liur ekstra tidak diperlukan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat