Perubahan Hormonal dan Hubungannya dengan Kesehatan Mulut – Part 2

Global Estetik – Sebagian besar wanita tidak menyadari bahwa lonjakan hormon ini dapat memicu sejumlah masalah pada gigi. Masalah gigi ini cenderung muncul selama 5 situasi kunci kehidupan seorang wanita; Pubertas, Menstruasi Bulanan, penggunaan pil KB, Kehamilan, dan Menopause. Selama tahap ini, fluktuasi hormonal tidak hanya memengaruhi suplai darah ke jaringan gusi tetapi juga respons tubuh terhadap racun yang dihasilkan dari penumpukan plak. Karena perubahan ini, wanita lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit periodontal selama tahap-tahap ini.

Penggunaan Pil KB
Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care

Kontrasepsi oral dari masa lalu digunakan untuk memompa tubuh wanita dengn progesteron dan estrogen. Untungnya itu tidak terjadi lagi. Dengan obat modern saat ini, kadar progesteron dan estrogen terlalu rendah untuk menyebabkan masalah pada gusi Anda. Penting untuk selalu membiarkan dokter gigi Anda mengetahui jenis kontrol kelahiran yang Anda gunakan.

Beberapa obat dapat membuat pengendalian kelahiran Anda kurang efektif. Anda juga harus memberi tahu dokter gigi tentang obat-obatan yang Anda konsumsi saat menjalani pencabutan gigi. Berdasarkan Journal of American Dental Association “Wanita yang menggunakan kontrasepsi oral hampir dua kali lebih mungkin untuk mengalami soket kering dibandingkan dengan mereka yang tidak. Dari 100 wanita yang menginsumsi obat pengendali kelahiran, 13,9 mengalami soket kering. Hanya 7,54 dari 100 wanita yang tidak melakukan kontrol kelahiran mengalami komplikasi ini. ”

Kehamilan
Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami overdrive hormon. Peningkatan hormon ini memungkinkan bakteri berbahaya untuk berkembang di dalam mulut yang pada akhirnya menyebabkan pembentukan plak ringan hingga berat. Dalam komunitas gigi, keadaan ini disebut sebagai gingivitis kehamilan. Suatu bentuk penyakit gusi ringat yang menyebabkan gusi menjadi merah, lembut dan nyeri. Hal Ini adalah hal yang paling umum dari kehamilan di bulan kedua hingga delapan bulan yang menjadi sangat penting bagi calon ibu untuk melakukan proses pembersihan gigi profesional.

Kami sarankan mencoba untuk melakukan setidaknya dua jika tidak tiga pembersihan selama waktu ini. Hal ini memungkinkan dokter untuk mengawasi semua hal dan membantu pasien untuk menghilangkan plak yang membandel. Perlu diingat juga bahwa semua yang ibu konsumsi maka sang bayi juga, termasuk bakteri. Tip bagus lainnya adalah menghindari makanan seperti gula, tepung olahan, dan makanan yang digoreng. Ini tidak hanya bagus untuk kesehatan mulut Anda tetapi juga untuk bayi yang sedang berkembang.

Jika Anda baru saja menemui dokter gigi untuk pertama kalinya selama kehamilan, pastikan untuk memberi tahu mereka bahwa Anda mengharapkan bayi dan kapan bayinya lahir. Ini akan memungkinkan dokter gigi Anda memperlakukan Anda sebaik mungkin dan memastikan keamanan diri dan bayi Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat