Pertumbuhan Tulang Secara Janggal di Gusi, Lantas Harus Bagaimana?

dokter gigi depok

Global Estetik – Pada suatu titik kita semua pasti pernah berdiri di depan cermin dan memerhatikan diri kita sendiri sehingga tidak mengherankan jika Anda mengambil waktu untuk mengamati mulut Anda. Beberapa dari kita ingin memastikan gigi kita terlihat bersih dan putih sementara yang lain mencari untuk memastikan bahwa tidak ada yang salah dengan gigi di mulut mereka.

Pernahkah Anda melihat mulut Anda, terutama di dekat garis gusi Anda, dan menemukan apa yang tampak sebagai pertumbuhan tulang? Jika demikian Anda kemungkinan telah menderita “tori,” suatu kondisi yang juga dikenal sebagai exostosis. Kondisi ini sangat umum pada pasien yang memiliki gangguan TMJ tetapi belum melakukan perawatan. Hal ini juga terlihat pada pasien yang menderita maloklusi.

Exostosis – Penyebab Dan Perawatan

Meskipun tidak setiap pasien yang memiliki tori akan memiliki gangguan TMJ dan sementara setiap pasien yang memiliki gangguan TMJ akan menderita tori, umumnya kedua kondisi tersebut saling terhubung. Tori dapat disebabkan oleh TMJ yang tidak selaras atau tidak seimbang seperti gangguan TMJ, sendi rahang berada di bawah tekanan dan ketegangan yang meningkat.

Pertumbuhan Tulang Secara Janggal di Gusi- Global Estetik Dental Care
Pertumbuhan Tulang Secara Janggal di Gusi- Global Estetik Dental Care

Karena orang-orang dengan TMJ sering memiliki posisi mulut tertutup yang menjulurkan rahang, tubuh secara tidak sadar mencoba untuk menyetel kembali rahang mereka. Tingkat tekanan yang lebih tinggi pada gigi menyebabkan sendi rahang menciptakan lebih banyak material tulang. Penumpukan tulang adalah cara tubuh untuk melindungi gigi dan memastikan bahwa ada cukup dukungan untuk menanggapi tekanan dan ketegangan yang meningkat.

Dengan eksostosis, pasien perlu melakukan perjalanan ke dokter gigi untuk menyingkirkannya. Melalui operasi, pertumbuhan boney dapat dihilangkan, tetapi dalam beberapa kasus mereka akan muncul kembali. Ini karena pasien tidak menerima perawatan yang tepat.

Sementara operasi dapat memberi hasil sementara, perbaikan permanen untuk masalah ini adalah terapi TMJ. Dengan terapi TMJ, sendi rahang tidak akan lagi seimbang dan maloklusi dapat diperbaiki. Ini berarti bahwa TMJ tidak akan mengalami tekanan atau ketegangan yang berlebihan sehingga tubuh tidak memiliki respons untuk membangun dukungan yang lebih tebal di dalam mulut.

Perawatan TMJ Adalah Pilihan Terbaik Anda

Jika Anda memiliki masalah ini, Anda juga mungkin menderita gangguan TMJ atau Anda mungkin mengalami maloklusi yang parah. Untuk menghilangkan dua masalah ini segera kunjungi klinik Global Estetik untuk perawatan TMJ dan memperbaiki masalah apa pun dengan gigitan Anda. Perawatan ini juga akan mencegah perkembangan pertumbuhan boney lainnya di dalam mulut Anda yang disebabkan oleh grinding dan menggertakkan gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat