Pertumbuhan Gigi Permanen yang Tertahan Gigi Susu

Pertumbuhan Gigi Permanen yang Tertahan Gigi Susu

Global Estetik – Masalah ini menjadi ketakutan sejumlah orang tua saat melihat gigi tetap tumbuh di bawah gigi susu. Ini benar-benar membingungkan mereka bahwa, bukankan gigi permanen yang seharusnya tumbuh setelah gigi bayi tumbuh?

Biasanya, karena giginya yang permanen masih belum tumbuh, basis gigi susu menjadi longgar dan gigi susu akan jatuh. Ini memungkinkan gigi baru tumbuh dari gusi. Meskipun kadang-kadang, gigi susu tidak benar-benar siap untuk luruh dan gigi permanen datang tepat di belakangnya, meninggalkan suatu kondisi yang dikenal sebagai ‘gigi insisivus rahang bawah yang sedang tumbuh’ atau yang biasa dikenal dengan ‘gigi hiu’ atau sama seperti kita menyebutnya ‘gigi permanen di belakang gigi susu’.

Pertumbuhan Gigi susu- Global Estetik Dental Care
Pertumbuhan Gigi susu- Global Estetik Dental Care

Gigi hiu bisa tumbuh kapan saja di salah satu ruang gigi pada anak, biasanya saat dua tahap perkembangan pada anak sedang berlangsung. Tahap pertama adalah ketika seorang anak berusia sekitar 6, ketika gigi depan bawah biasanya akan berkembang. Yang kedua adalah pada rentang sekitar usia 11, saat geraham belakang atas muncul.

Jika anak tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuhnya gigi permanen, maka gigi itu mungkin tidak akan tumbuh ke bawah gigi susus. Sebenarnya bila ada banyak ruangan, gigi baru kemungkinan besar tidak bisa memecah akar gigi susu cukup kuat. Kemudian mengambil jalan keluar yang mudah, yaitu masuk ke belakang gigi susu anak. Itu berarti ada banyak akar gigi anak yang tertinggal dan tidak ada yang benar-benar mendorong gigi. Kadang-kadang, bahkan setelah gigi susu telah diangkat atau luruh dengan sendirinya, tidak banyak ruang yang diciptakan untuk gigi baru. Dalam kasus seperti itu, dokter gigi mengeluarkan prosedur yang dikenal sebagai disking.

Dalam situasi ketika gigi permanen akan tumbuh dan gigi susu belum dilonggarkan dengan benar, maka anda pasti harus membawa anak anda ke dokter gigi yang jelas-jelas akan melihat masalah ini dan memberi anda resep yang cukup baik untuk membantu anak anda mengatasi masalah dengan iritasi yang dia alami. Jika gigi susu secara figuratif mengendur, membuat ruang untuk gigi dewasa baru, maka anda benar-benar tidak perlu khawatir.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat