Pernah Dengar Actinomycosis ? Kalau Belum, Baca Ini Dulu

Pernah Dengar Actinomycosis ? Kalau Belum, Baca Ini Dulu

Actinomycosis- Global Estetik Dental Care
Actinomycosis- Global Estetik Dental Care

Global Estetik – Actinomycosis adalah infeksi jangka panjang yang menyebabkan luka, atau abses, di jaringan lunak tubuh. Actinomycosis biasanya ditemukan di:

  • mulut
  • hidung
  • tenggorokan
  • paru-paru
  • perut
  • usus

Actinomycosis jarang muncul di tempat lain di tubuh. Namun, itu bisa menyebar dari daerah yang terinfeksi awal ke bagian tubuh lainnya jika penyakit atau luka merusak jaringan anda. Actinomycosis tidak menular. Ini terutama ditemukan di daerah tropis di dunia.

Apa saja Gejala Actinomycosis?

Jika jaringan mulut anda terinfeksi, itu bisa menyebabkan apa yang biasa dikenal dengan “lumpy jaw.” Benjolan yang keras bisa dirasakan di rahang. Benjolan itu sendiri biasanya tidak menyakitkan. Namun, hal itu bisa mengakibatkan abses kulit yang menyakitkan yang pertama kali muncul sebagai memar kemerahan di situs tersebut. Actinomycosis juga bisa menyebabkan kejang otot di rahang atau “rahang terkunci.” Jika ini terjadi, mulut tidak bisa terbuka dengan cara biasa.

Gejala aktinomikosis lainnya adalah:

  1. demam
  2. penurunan berat badan
  3. benjolan di leher atau wajah
  4. mengeringnya luka pada kulit
  5. kelebihan drainase sinus
  6. batuk
  7. sakit dada
Apa Penyebab Actinomycosis?
Actinomycosis- Global Estetik Dental Care
Actinomycosis- Global Estetik Dental Care

Actinomycosis adalah infeksi langka, terutama di bagian utara bumi. Karena infeksi menyebar dengan sangat lambat, actinomycosis pertama kali dianggap sebagai infeksi jamur. Tapi keluarga bakteri yang dikenal dengan nama Actinomycetaceae menyebabkannya. Bakteri dalam keluarga ini meliputi:

  • Actinomyces israelii
  • Actinomyces naeslundii
  • Actinomyces viscosus
  • Actinomyces odontolyticus

Bakteri ini secara alami hidup di rongga tubuh anda seperti hidung dan tenggorokan anda namun biasanya tidak menimbulkan infeksi kecuali mereka bisa menembus lapisan pelindung rongga tubuh anda.

Actinomycosis biasanya didiagnosis melalui sampel cairan atau jaringan dari daerah yang terkena. Dokter anda akan menggunakan mikroskop untuk memeriksa sampel bakteri Actinomyces. Bakteri semacam itu tampak seperti butiran kekuningan.

Faktor Risiko Actinomycosis

Anda memiliki peningkatan risiko untuk mengembangkan actinomycosis jika anda:

  • Memiliki sistem kekebalan yang rusak akibat pengobatan atau penyakit lain
  • Kurang gizi
  • Mengabaikan perawatan gigi setelah operasi gigi atau trauma pada mulut atau rahang

Salah satu penyebab actinomycosis yang paling umum adalah abses oral atau gigi. Jika anda baru saja mengalami abses oral, Aanda harus segera menemui dokter gigi anda. Wanita yang telah menggunakan alat kontrasepsi (IUD) untuk pengendalian kelahiran juga dianggap berisiko tinggi.

Treatment

Antibiotik adalah pengobatan utama untuk aktinomikosis. Penisilin dosis tinggi biasanya diperlukan untuk menyembuhkan infeksi. Jika anda alergi terhadap penisilin, dokter anda bisa memberi anda antibiotik lain, seperti:

  1. tetrasiklin
  2. klindamisin
  3. eritromisin

Perlu waktu hingga satu tahun agar antibiotik benar-benar menyembuhkan infeksi. Setiap letusan kulit, atau abses, dari infeksi mungkin perlu dikeringkan atau dikeluarkan. Jika anda mengembangkan aktinomikosis karena penggunaan AKDR, perangkat harus dikeluarkan untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Beritahu dokter anda segera jika anda memiliki gejala actinomycosis. Awal, perawatan agresif mengurangi kemungkinan anda terkena komplikasi jangka panjang dan memerlukan pembedahan.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah aktinomikosis adalah dengan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik. Jadwalkan kunjungan rutin dengan dokter gigi anda sehingga mereka dapat menemukan potensi masalah. Jikaanda mendapatkan perawatan yang tepat untuk actinomycosis, ini bisa disembuhkan dan anda mungkin akan sembuh total.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat