Permen Bebas Gula Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut – Part 1

Permen Bebas Gula Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut – Part 1

Global Estetik – Permen bebas gula tidak mengandung gula di dalamnya. Rasa ditambahkan menggunakan pemanis, dan karena itu permen karet jenis ini tidak menyebabkan kerusakan gigi. Permen bebas gula ini melepaskan rasanya selama periode waktu tertentu, seperti permen biasa. Permen karet bebas gula membantu melindungi gigi dan gusi anda di sela waktu makan bila anda tidak memungkinkan menyikat gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi berfluorida.

Permen Bebas Gula- Global Estetik Dental Care
Permen Bebas Gula- Global Estetik Dental Care

Gigi anda lebih berisiko terkena serangan asam setelah anda makan. Asam ini diproduksi oleh bakteri plak, dan gula dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan perlahan-lahan melarutkan enamel dan bagian dentin dari gigi, untuk menghasilkan lubang atau ‘rongga’. (Plak adalah lapisan film tipis dan lengket yang terus terbentuk di gigi anda. Ini berisi banyak jenis bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.)

Anda bisa mengurangi serangan asam ini dengan mengunyah permen karet bebas gula, karena ia membantu mulut menghasilkan lebih banyak air liur  yang merupakan pertahanan alami mulut melawan asam.

Bisakah permen bebas gula membantu melindungi dari erosi gigi?

Erosi gigi disebabkan oleh asam dalam hal yang kita makan dan minum, seperti buah sitrus, jus buah dan minuman bersoda. Asam ini akan mulai memakan enamel yang menutupi gigi, dan mengeluarkan beberapa mineral yang membentuk enamel. Dengan membantu kita membuat lebih banyak air liur dalam proses mengunyah permen karet bebas gula  bisa membantu mengurangi jenis serangan asam ini. Dibutuhkan air liur sekitar satu jam untuk mengganti mineral yang telah hilang dari enamel. Mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setelah makan atau minum bisa meningkatkan aliran air liur, dan membantu mengganti mineral lebih cepat.

Lihat diagram di samping ini. Ini menunjukkan bagaimana enamel gigi anda berisiko terkena serangan asam setelah makan dan minum, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan tingkat asam di mulut untuk kembali ke zona aman. pH adalah ukuran keasaman, dengan kadar di bawah 5,5 asam untuk melunakkan enamel gigi. Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan bisa cepat menurunkan jumlah asam yang menyerang gigi.

Melindungi mulut dari erosi dan kerusakan gigi dengan menyikat tetap menjadi solusi utama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Solusi sementara dalam penggunaan permen karet ini sebaiknya hanya digunakan jika anda tidak memiliki akses kepada sikat gigi dan pasta gigi pada waktu itu.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat