Perkenalan Pertama dengan Prosedur Root Canal – Prosedur & Follow-Up

klinik gigi bandung

Perkenalan Pertama dengan Prosedur Root Canal – Prosedur & Follow-Up

Global Estetik  – Ada banyak prosedur restoratif ataupun cosmetic yang dapat membantu mengembalikan kesehatan dan bentuk sempurna gigi anda. Beberapa prosedur ini bahkan dapat menjadi krusial dilakukan jika pasien telah menyentuh status keadaan mulut memprihatinkan. Prosedur Root Canal atau Saluran Akar menjadi salah satunya, dan berikut impresi pertama dibalik usaha memperindah gigi dan mulut anda.

Bagaimana Root Canal Dilakukan?

Saluran akar dilakukan di klinik dokter gigi. Ketika anda tiba untuk pertemuan, seorang perawat akan mengantar ke ruang perawatan, membantu anda berada di kursi, dan meletakkan bib di leher anda untuk melindungi pakaian anda dari noda.

Prosedur Root Canal- Global Estetik Dental Care
Prosedur Root Canal- Global Estetik Dental Care

Langkah 1: Anestetik
Spesialis akan mengeluarkan sejumlah kecil obat penghilang rasa sakit pada gusi  di dekat gigi yang terkena. Setelah itu telah diterapkan, obat bius lokal akan disuntikkan ke dalam gusi anda. Anda mungkin merasakan sejumput tajam atau sensasi terbakar, tapi ini akan berlalu dengan cepat.

Anda akan tetap terjaga selama prosedur ini, tapi anestesi akan membuat anda tida merasakan efek apa-apa.

Langkah 2: Pengangkatan Pulp
Bila gigi anda mati rasa, ahli bedah endodontis atau ahli bedah mulut akan mengeluarkan bagian atas gigi dengan bor. Setelah pulp yang terinfeksi atau rusak terbuka, spesialis dengan hati-hati akan mengangkatnya dengan menggunakan alat khusus yang disebut file. Mereka akan sangat berhati-hati membersihkan semua jalur (saluran) di gigi anda.

Langkah 3: Antibiotik
Setelah pulp dikeluarkan, ahli bedah dapat melapisi area tersebut dengan antibiotik topikal untuk memastikan bahwa infeksi hilang dan untuk mencegah infeksi berulang. Mereka juga mungkin meresepkan antibiotik oral untuk anda.

Langkah 4: Pengisian Sementara
Dokter bedah akan mengakhiri prosedur dengan mengisi gigi dengan bahan sementara yang lembut. Sealant ini membantu mencegah kanal dari kerusakan oleh air liur.

Follow-Up Setelah Prosedur Root Canal Anda

Gigi dan gusi ada mungkin terasa sakit saat obat yang mematikan sa itu hilang. Gusi anda bisa membengkak. Kebanyakan dokter gigi akan merawat gejala ini dengan obat nyeri over-the-counter seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil). Hubungi dokter gigi pilihan anda jika rasa sakit menjadi ekstrem atau berlangsung lebih dari beberapa hari.

Anda bisa melanjutkan rutinitas normal anda sehari setelah prosedur. Hindari mengunyah dengan gigi yang rusak sampai penuh atau mahkota ditempatkan di atas. Anda perlu menemui dokter gigi secara reguler dalam beberapa setelah menjalani prosedur saluran akar. Mereka akan mengambil sinar-X untuk memastikan bahwa tidak ada infeksi yang datang. Mereka juga mengganti pengisian sementara dengan filling permanen.

Jika Anda mau, dokter gigi dapat menempatkan mahkota permanen pada gigi. Mahkota adalah gigi tiruan yang bisa dibuat dari porselen atau emas. Manfaat mahkota adalah penampilannya yang realistis.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat