Perkenalan Pertama dengan Prosedur Root Canal – Apa, Bagaimana & Resiko

klinik gigi bandung

Perkenalan Pertama dengan Prosedur Root Canal – Apa, Bagaimana & Resiko

Global Estetik  – Ada banyak prosedur restoratif ataupun cosmetic yang dapat membantu mengembalikan kesehatan dan bentuk sempurna gigi anda. Beberapa prosedur ini bahkan dapat menjadi krusial dilakukan jika pasien telah menyentuh status keadaan mulut memprihatinkan. Prosedur Root Canal atau Saluran Akar menjadi salah satunya, dan berikut impresi pertama dibalik usaha memperindah gigi dan mulut anda.

Apa itu Prosedur Saluran Akar?

Saluran akar adalah prosedur gigi yang melibatkan pengangkatan pusat lunak gigi, pulpa. Pulp terdiri dari saraf, jaringan ikat, dan pembuluh darah yang membantu gigi tumbuh. Pada sebagian besar kasus, spesialis gigi (ahli bedah endodontis atau bedah mulut) akan melakukan saluran akar saat anda menjalani anestesi lokal. Pelajari lebih lanjut tentang prosedur umum ini, serta potensi risiko yang terkait.

Kapan Prosedur Root Canal Dibutuhkan?
Prosedur Root Canal- Global Estetik Dental Care
Prosedur Root Canal- Global Estetik Dental Care

Saluran akar dilakukan saat bagian dalam gigi yang lembut, yang dikenal sebagai pulpa, terluka atau menjadi meradang atau terinfeksi. Mahkota gigi – bagian yang bisa anda lihat di atas gusi anda – bisa tetap utuh meski pulpa sudah mati. Melepaskan pulp yang terluka atau terinfeksi adalah cara terbaik untuk melestarikan struktur gigi.

Penyebab umum kerusakan pada pulp meliputi:

  • pembusukan yang dalam karena rongga yang tidak diobati
  • beberapa prosedur gigi pada gigi yang sama
  • sebuah chip atau crack pada gigi
  • luka pada gigi (anda mungkin melukai gigi jika tertelan di mulut. Pulpa masih bisa rusak meski cidera tidak merusak gigi.)

Gejala yang paling umum dari pulp yang rusak termasuk rasa sakit pada gigi dan pembengkakan adalah sensasi panas pada gusi anda. Dokter gigi pilihan anda akan memeriksa gigi yang sakit dan mengambil citra sinar-X untuk memastikan diagnosisnya. Dokter gigi akan mengarahkan Anda ke ahli bedah endodontis atau mulut jika mereka berpikir anda memerlukan prosedur saluran akar.

Resiko Prosedur Root Canal

Saluran akar dilakukan dalam upaya menyelamatkan gigi anda. Terkadang, kerusakannya terlalu dalam atau enamel terlalu lemah untuk menahan prosedur. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan hilangnya gigi. Risiko lainnya adalah mengembangkan abses pada akar gigi jika beberapa bahan yang terinfeksi tertinggal atau jika antibiotik tidak efektif.

Jika anda khawatir tentang saluran akar, anda bisa berbicara dengan dokter gigi pilihan anda tentang ekstraksi. Hal ini sering melibatkan penempatan gigi tiruan parsial atau implan untuk menggantikan gigi yang rusak.

Apa yang Terjadi Setelah Prosedur ini?
Prosedur Root Canal- Global Estetik Dental Care
Prosedur Root Canal- Global Estetik Dental Care

Prosedur Root Canal dianggap sebagai prosedur restoratif. Kebanyakan orang yang menjalani prosedur ini dapat menikmati hasil positif selama sisa hidup mereka. Namun, berapa lama hasil terakhir bergantung pada cara anda merawat gigi anda. Sama seperti sisa gigi anda bergantung pada kebiasaan kebersihan mulut yang baik, gigi yang telah dipulihkan memerlukan penyikatan dan flossing juga.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat