Peri-Implantitis Bukan Peri Biasa! – Part 2

Peri-Implantitis Bukan Peri Biasa! – Part 2

Global Estetik – Peri-implantitis adalah penyakit inflamasi yang ditandai dengan infeksi bakteri dan hilangnya kepadatan tulang secara bertahap di sekitar implan gigi. Saat ini, tidak diketahui apakah infeksi menyebabkan tulang yang mengeropos, atau jika keropos tulang menghadapkan daerah tersebut ke bakteri.

Diagnosa

Hasil pencitraan sinar-X akan menunjukkan tulang yang menopang implan telah surut. Diagnosis ditegakkan berdasarkan perubahan warna pada gusi, perdarahan dan kedalaman probing kantong peri-implan, supurasi (pengosongan nanah). Penyebab infeksi implan dikondisikan oleh status jaringan yang mengelilingi implan, desain implan, tingkat kekasaran, morfologi eksternal, dan beban mekanis yang berlebihan.

Peri-Implantitis Bukan Peri Biasa- Global Estetik Dental Care
Peri-Implantitis Bukan Peri Biasa- Global Estetik Dental Care

Perawatan dan Penyembuhan

Peri-Implantitis Bukan Peri Biasa- Global Estetik Dental Care
Peri-Implantitis Bukan Peri Biasa- Global Estetik Dental Care

Pengobatan akan berbeda tergantung pada apakah itu kasus mucositis peri-implan atau peri-implantitis. Pengelolaan infeksi implan harus difokuskan pada pengendalian infeksi, detoksifikasi permukaan implan, dan regenerasi tulang alveolar.

Oleh karena itu, terapi peri-implan adjunctive, seperti antibiotik, antiseptik, dan perawatan ultrasonik dan laser, telah diusulkan untuk memperbaiki pilihan pengobatan non-bedah mukositis peri-implan dan peri-implantitis. Prosedur regeneratif menggunakan pengganti cangkok tulang yang dikombinasikan dengan membran telah diusulkan untuk mengobati cacat tulang pada kasus lanjut peri-implantitis.

  1. Debridemen – implan dibersihkan
  2. Dekontaminasi permukaan implan
  3. Terapi anti infeksi
  4. Teknik bedah
  5. Pengangkatan implan

Pencegahan

Jika anda hendak memulai perawatan implan gigi, akan sangat penting bagi anda untuk memilih dokter gigi implan berpengalaman yang menekankan pentingnya perawatan dan maintenance setelah prosedur. Rencana pengobatan implan anda tidak selesai saat ‘gigi’ baru anda dipasang – fokus pada aftercare sangat penting.

Setelah rencana perawatan implan gigi anda selesai, kebersihan mulut yang teliti (di rumah dan dengan kunjungan ke dokter gigi) dan janji tindak lanjut yang teratur dengan dokter gigi yang menangani implan anda untuk meninjau gigi implan anda dan dokter gigi umum pilihan anda untuk meninjau gigi alami sangat penting.

Salah satu masalah dalam mencari pengobatan di luar negeri adalah tidak adanya aftercare / maintenance / follow-up. Banyak pasien yang akhirnya datang dengan masalah setelah menjalani prosedur implan di luar negeri yang akhirnya tidak terjaga perawatan aftercar-nya karena jarak dan kondisi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat