Perbedaan antara Prosedur Ortodontik untuk Pasien Dewasa & Anak-anak

Alternatif ortodontik perawatan ortodontik berat

Perbedaan antara Prosedur Ortodontik untuk Pasien Dewasa & Anak-anak

Global Estetik – Dengan perkembangan ortodontik dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang dewasa mencari solusi untuk masalah mulut yang pernah mereka alami sejak kecil. Ada perbedaan yang signifikan antara perawatan untuk pasien dewasa dan anak-anak serta remaja, dan sangat penting untuk diketahui sebelum membuat keputusan untuk menjalani perawatan. Berikut adalah perbedaan utama antara ortondontik orang dewasa dan untuk pasien yang lebih muda:

Pertimbangan terkait usia

Pasien dewasa sering memiliki kondisi yang dimana pasien yang lebih muda tidak pernah menderitanya, seperti tulang yang tidak mencukupi antara akar untuk suplai darah yang cukup, infeksi gingivitis ringan dan kekurangan massa tulang marjinal. Tulang juga lebih keras dan tidak lagi berkembang, menurut Journal of Oral Health and Community Dentistry, penuaan jaringan seringkali menyebabkan mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan posisi baru gigi. Ini dikenal sebagai keterbatasan biomekanik, yang dapat membuat pensejajaran gigi menjadi proses yang lebih panjang pada orang dewasa daripada pada pasien yang lebih muda.

Masalah Pada Proses Ekstraksi Gigi

Banyak orang dewasa memiliki satu atau lebih gigi yang telah diekstraksi di masa lalu, dan ini bisa menimbulkan masalah bagi ahli ortodontik. Lokasi ekstraksi lama mungkin bukan lokasi gigi yang cocok untuk dipindahkan, kecuali jika dipulihkan dengan menambahkan bagian tulang ke daerah tersebut. Menutup celah antara gigi yang disebabkan oleh ekstraksi – dan membuatnya tetap tertutup – juga sulit, karena tulang orang dewasa tidak merespons tekanan dengan cara yang sama seperti pada pasien muda yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Kerentanan
Prosedur Ortodontik untuk Pasien- Global Estetik Dental Care
Prosedur Ortodontik untuk Pasien- Global Estetik Dental Care

Pasien dewasa yang menjalani perawatan memiliki risiko lebih tinggi untuk resorpsi akar daripada anak-anak. Hal ini terjadi ketika tubuh pasien menyerap kembali akar gigi, meninggalkan gigi tanpa support dari dalam. Faktor yang berperan dalam hal ini termasuk riwayat keluarga, kebiasaan mulut dan jenis akar yang pasien miliki.

Pasien dewasa juga memiliki risiko gangguan temporomandibular (TMD) lebih besar, dan gejala dapat berkembang selama perawatan ortodontik konvensional. Penting bagi ahli ortodontik untuk menilai risiko TMD pasien dengan hati-hati sebelum merekomendasikan perawatan.

Faktor Psikososial

Ada sejumlah faktor psikologis dan sosial yang dapat mempengaruhi pasiendewasa yang tertarik dalam perawatan seperti :

  • Harapan dari hasil perawatan
  • Perhatian dengan penampilan
  • Ketidaknyamanan dalam proses perawatan
  • Kesediaan untuk bekerja sama dengan instruksi

Pasien dewasa jelas menginginkan hasil terbaik, dalam waktu sesingkat-singkatnya dan dengan tingkat ketidaknyamanan yang paling rendah. Mereka juga ingin tahu lebih banyak tentang apa yang dilakukan oleh ahli ortodontik dan mengapa, dan mungkin mencari informasi lebih lanjut tentang rincian biaya pada setiap porsi perawatan. Dengan orang dewasa sekarang terdiri dari hingga 50 persen pasien, beberapa praktik memusatkan perhatian mereka pada hal-hal spesifik dari ortodontik dewasa.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat