Perbedaan antara Plak dan Tartar (Karang)

dokter gigi bandung

Perbedaan antara Plak dan Tartar (Karang)

Global Estetik – Kata plak dan tartar – atau juga disebut karang gigi – sering digunakan secara bergantian ketika orang berbicara tentang penumpukan bakteri di gigi mereka. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara plak dan tartar yang akan kami sajikan dibawah ini.

Plak

Plak adalah residu lengket yang transparan yang terus-menerus terbentuk pada gigi sepanjang siang dan malam. Partikel makanan, gula, dan air liur semua bergabung membentuk residu ini yang membuat gigi terasa kotor. Plak mulai berkembang pada gigi beberapa jam setelah menyikat  gigi, Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi semua orang untuk menyikat gigi dan flossing setidaknya dua kali sehari. Selalu ingat bahwa menghindari gangguan dari pertumbuhan bakteri di mulut akan sangat penting untuk menjaga senyum yang sehat seumur hidup!

Tartar (Karang Gigi)

Ketika plak tidak diangkat secara teratur dan atau secara menyeluruh, lapisan ini akan mengeras menjadi zat yang disebut Tartar (atau Kalkulus). Dengan kata lain, tartar adalah plak lama yang tidak lagi dapat diangkat dengan mudah dengan sikat gigi dan harus diangkat secara profesional oleh dokter gigi atau ahli kebersihan gigi. Penumpukan tartar semakin sulit untuk diperangi seiring waktu berlanjut. Ketika lapisan karang gigi ini tidak segera diobati, mereka bisa menjadi kabar buruk untuk senyum. Kehadiran tartar di mulut membuatnya lebih sulit untuk disikat dan dibersihkan secara efektif. Dan ketika tidak lagi dapat menyikat gigi dan menggunakan floss secara efektif, seseorang akan berisiko tinggi untuk menderita kerusakan gigi dan penyakit gusi.

klinik gigi bandung

Cara Mencegah Plak dan Tartar

Mengembangkan rejimen kebersihan mulut yang baik adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi penumpukan plak dan tartar. Ini termasuk menyikat gigi dua kali sehari selama minimal 2 menit setiap kali, flossing sekali sehari, dan mengunjungi dokter gigi untuk kunjungan pembersihan setidaknya dua kali setahun. Perawatan ortodontik dapat menjadi solusi lain untuk pasien yang memiliki masalah dengan penumpukan plak. Jika Anda bergumul dengan area yang sulit dijangkau karena gigi yang berdesakan atau tumpang tindih, kami sangat menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter gigi kami di klinik gigi Global Estetik untuk konsultasi. Cara penting lain untuk membantu mencegah penumpukan plak dan tartar adalah memasukkan makanan yang dapat menghapus plak ke dalam diet Anda. Beberapa contohnya adalah apel, seledri, keju, dan wortel.

KESIMPULAN
Ingat: semua orang mengalami penumpukan plak terlepas dari seberapa baik mereka merawat gigi dan gusi. Inilah sebabnya mengapa penting untuk membersihkan bakteri setiap 6-10 jam sekali untuk memastikan bahwa plak pada gigi tidak berkembang menjadi karang gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat