Perbedaan antara Gingivitis dan Periodontitis – Part 1

dokter gigi bandung

Perbedaan antara Gingivitis dan Periodontitis – Part 1

Global Estetik – Pada tahun 2012, Center for Disease Control melaporkan bahwa hampir setengah dari semua orang di atas usia 30 memiliki beberapa masalah dengan penyakit periodontal. Meskipun penyakit ini adalah penyakit yang mempengaruhi begitu banyak orang, kebanyakan orang tidak memiliki informasi tentang penyebab, gejala, dan jenis penyakit periodontal (penyakit gusi) yang mereka derita. Satu kesenjangan utama dalam pemahaman banyak orang adalah perbedaan antara gingivitis dan periodontitis.

Apa Perbedaan Antara Gingivitis dan Periodontitis?

Gingivitis dan Periodontitis adalah jenis dari penyakit periodontal. Perbedaan utama adalah bahwa gingivitis bersifat reversibel, sedangkan periodontitis tidak. Ini karena periodontitis melibatkan proses keroposnya tulang, yang tidak dapat dipulihkan.

Apa itu Gingivitis?

Radang gusi atau gingivitis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan gusi yang disebabkan oleh kelebihan plak pada gigi. Sering kali orang akan menderita radang gusi akan tidak sadar, karena gejalanya tidak selalu menyakitkan. Gejala pada penyakit ini mungkin termasuk gusi yang mudah berdarah saat disikat atau di-floss, gusi bengkak, atau gusi merah.

klinik gigi depok

Apa itu Periodontitis?

Ketika gingivitis dibiarkan terus berkembang, ia berubah menjadi periodontitis, jenis penyakit periodontal yang lebih parah. Ketika gusi meradang dan menyusut, mereka mulai menarik diri dari gigi, menciptakan kantong tempat bakteri menumpuk. Biasanya orang mulai memperhatikan ketika mereka menderita periodontitis karena mereka mungkin mengalami peningkatan sensitivitas, rasa sakit ketika mengunyah, luka di bagian dalam mulut mereka, atau kehilangan gigi.

Bagaimana Saya Bisa Tahu Jika Saya Mengalami Gingivitis?

Mungkin saja Anda telah menyikat dan membersihkan gigi setiap hari tetapi Anda masih sangat mungkin memiliki beberapa masalah dengan gingivitis. Indikator terbaik untuk mengetahui jika ada sesuatu yang salah adalah pendarahan saat Anda menyikat gigi. Jaringan gusi yang sehat tidak akan berdarah. Jika gusi Anda berdarah saat Anda menyikat gigi atau menggunakan benang floss, penting bagi Anda untuk mengunjungi dokter gigi dan mendiskusikan apa yang sedang terjadi. Dokter gigi dan ahli kesehatan akan bekerja sama untuk mengevaluasi rejimen kebersihan mulut Anda dan mengembalikan gusi Anda ke status yang sehat.

Ingat: gingivitis adalah reversibel, sedangkan periodontitis tidak. Semakin cepat Anda melakukan sesuatu untuk menghentikannya, maka akan semakin baik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat